Advertisement

Perempuan Mau Piknik Sendirian? Ini 8 Tipsnya

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 19 Mei 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Perempuan Mau Piknik Sendirian? Ini 8 Tipsnya Ilustrasi traveling - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Ada kalanya seorang perempuan ingin piknik sendirian atau solo travelling. Ia ingin berjalan-jalan sendirian untuk menghilangkan penat, merefresh pikirannya, atau sekadar mengisi waktu luang saat mendapat cuti kerja. 

Pelonggaran dalam hal perjalanan yang dilakukan pemerintah membuat siapapun kini semakin leluasa untuk melakukan traveling. Masyarakat boleh bepergian baik ke dalam negeri maupun luar negeri asal memenuhi persyaratan pandemi Covid-19.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Bagi kaum perempuan yang ingin melakukan solo trevelling, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips bagi perempuan yang akan melakukan solo travelling

1. Cari Informasi Detil

Sebaiknya Anda mencari informasi dengan detail terkait tujuan destinasi Anda, sebelum pergi sendirian. Informasi seputar cuaca di daerah yang akan dituju, jam harian yang paling ramai dan paling sepi, akses transportasi, serta kebudayaan penduduk setempat, perlu diketahui sebelumnya.

2. Bawa Barang Secukupnya

Pergi sendirian tentu membuat Anda harus membawa seluruh barang bawaan sendirian. Tidak ada teman yang bisa membawakan barang Anda sewaktu kelelahan. Untuk itu, sebaiknya bawalah barang-barang yang sangat diperlukan dan tidak berlebihan. Bawa pakaian beberapa potong saja agar tidak menambah tas bawaan. 

3. Catat Nomor Telepon Penting 

Ketika akan pergi, pastikan sudah mencatat nomor telepon orang terdekatmu dalam selembar kertas. Catat nomor orang tua, saudara kandung, pacar, atau sahabat, dan juga polisi, rumah sakit, hingga penginapan yang sudah dipesan. Hal ini mengantisipasi jika ponselmu hilang di jalan. 

4. Jangan Gampang Percaya

Perempuan pergi sendirian akan lebih riskan untuk itu Anda harus tetap waspada dengan orang-orang yang baru saja dikenal demi meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Bagaimana pun, mereka adalah orang asing.

Advertisement

5. Pilih Penginapan terpercaya

Pastikan tempat penginapan yang Anda pesan merupakan tempat terpercaya. Anda bisa mencari tahu bagaimana pengalaman orang-orang setelah menginap di tempat tersebut melalui ulasan. Pilih penginapan yang bukan di daerah terpencil tetapi di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau seperti di tepi jalan besar. 

6. Hindari Jalan Sepi

Hindarilah berjalan di jalan yang sepi, gelap dan larut malam karena perempuan rentan menjadi korban kejahatan. Maka perhatikanlah waktu bepergian saat berwisata. 

7. Jangan Berpakaian Terbuka

Memakai pakaian yang sesuai tradisi masyarakat setempat adalah penting dilakukan. Jangan sampai Anda salah kostum di daerah orang. Amannya, pakailah pakaian sewajarnya dan tidak terbuka untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan. 

Advertisement

8. Selalu Berkabar

Beri kabar kepada keluarga di rumah kemanapun Anda pergi. Update terus lokasi dimana Anda sedang berada kepada mereka. Jangan sampai keluarga dan orang terdekat bingung selama Anda pergi sendirian. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 3 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Sleman Inklusi Siap Wujudkan Disabilitas Unggul

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Libur Akhir Tahun, Pelaku Wisata Magelang Didorong Bersinergi dengan UMKM

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 01:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement