Advertisement

Bukan Cuma Lezat, Makan Makanan Pedas Ternyata Banyak Manfaat

Alifian Asmaaysi
Senin, 30 Mei 2022 - 14:07 WIB
Bhekti Suryani
Bukan Cuma Lezat, Makan Makanan Pedas Ternyata Banyak Manfaat aneka sambal nusantara. - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Makanan pedas menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Sebut saja seblak, ceker mercon, dan ayam geprek, dan lainnya. Ternyata, makanan pedas juga bermanfaat untuk kesehatan, lho!

Cita rasa yang pedas dinilai mampu menggugah selera siapa saja yang menyantapnya. Banyaknya menu makanan pedas pada kuliner Indonesia lantaran negeri ini kaya akan aneka rempah, salah satunya cabai dan merica.

Bahkan, masyarakat Indonesia sudah menjadikan cabai sebagai bahan utama sambal pada seusai kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia, yang berkisar antara abad ke-15 hingga 16 masehi.

Tak hanya jadi pelengkap, sambal atau makanan yang memiliki cita rasa pedas ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Berikut 5 manfaat makanan bercita rasa pedas untuk kesehatan tubuh seperti dilansir dari Healthline, Senin (30/5/2022).

1. Menurunkan Tingkat Kematian

Rutin mengkonsumsi makanan pedas selama enam atau tujuh hari dalam seminggu dapat menurunkan tingkat kematian sebesar 14 persen. Hal itu berdasarkan sebuah studi besar tahun 2015 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Harvard dan China. 

2. Mempercepat Metabolisme

Data di berbagai penelitian menunjukkan bahwa rempah-rempah pemedas tertentu seperti jinten, kayu manis, kunyit, paprika, dan cabai, dapat meningkatkan tingkat istirahat metabolisme Anda dan memperlambat nafsu makan Anda. Satu studi juga menemukan bahwa kunyit menekan pertumbuhan jaringan lemak pada tikus.

3. Mengurangi Peradangan

Curcumin yang merupakan senyawa dalam kunyit, diketahui dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Dalam pengobatan Ayurveda, sifat anti-inflamasi jahe dan bawang putih telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi, seperti radang sendi, gangguan autoimun, dan bahkan sakit kepala dan mual.

4. Melawan Sel Kanker

Capsaicin yang merupakan salah komponen aktif cabai, telah terbukti memperlambat dan menghancurkan sel kanker. Sebuah studi UCLA menemukan bahwa capsaicin menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus sambil membiarkan sel-sel sehat tidak terluka.

5. Membunuh Bakteri

Jinten dan kunyit telah terbukti memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang kuat. Ini berarti mereka dapat digunakan untuk melawan bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Tingkatkan Literasi, Perpusnas RI Jalin Kesepakatan dengan Pemkab Sleman

Sleman
| Selasa, 05 Juli 2022, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement