Advertisement

Hujan-hujan Enaknya Minum Wedang Bandrek. Ini Resepnya...

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 30 Mei 2022 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hujan-hujan Enaknya Minum Wedang Bandrek. Ini Resepnya... Wedang bandrek - Frisianflag.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Hujan yang kerap mengguyur Jogja menimbulkan hawa yang dingin. Saat-saat seperti ini, yang paling nikmat adalah mengonsumsi minuman yang hangat, salah satunya bandrek.

Bandrek asli sering kali disamakan dengan wedang jahe. Meskipun memiliki bahan dasar yang sama, namun ada perbedaan cukup signifikan dari resep bandrek asli dan wedang jahe.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dilansir dari frisianflag.com, secara umum, resep bandrek asli merupakan salah satu variasi dari wedang jahe atau minuman yang berbahan dasar jahe. Namun, resep bandrek asli biasa ditemukan di kawasan Jawa Barat.

Dalam racikan resep bandrek asli ini, selain jahe, Anda juga akan menemukan berbagai macam rempah, seperti kayu manis, cengkeh, gula merah, hingga merica-merica untuk bisa memberikan sensasi hangat saat diminum. Selain itu, biasanya resep bandrek asli juga menggunakan pandan untuk membuat aroma minuman jadi harum dan menghadirkan cita rasa yang legit di lidah.

Bahan-bahan membuat bandrek

Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, Anda bisa membuat resep bandrek asli di rumah dengan mudah dan praktis. Sehingga, Anda bisa menikmati hangatnya minuman khas Indonesia ini kapan saja ketika musim hujan datang. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan.

Bahan:
500 ml air
80 gr jahe
75 gr gula merah
2 sdm gula pasir
4 butir cengkeh
1 batang kayu manis
2 lembar daun pandan
Garam secukupnya


Cara membuat bandrek

Advertisement

Berdasarkan bahan-bahan di atas, resep bandrek asli satu ini akan menghasilkan warna yang jernih. Pasalnya, bandrek juga punya varian resep lainnya seperti menambahkan kental manis yang membuat rasanya jadi jauh lebih lembut. Namun, sebelum mencari variasi resep bandrek asli lainnya, berikut adalah cara membuat bandrek yang perlu Anda ikuti di rumah.

Untuk mengolah resep bandrek asli, pertama-tama Anda perlu bakar jahe di atas api kompor terlebih dahulu. Proses membakar jahe ini akan membantu bahan ini untuk mengeluarkan aroma dan cita rasa yang khas. Setelah sudah berwarna coklat sedikit, memarkan dan kupas kulit jahe hingga bersih

Selanjutnya, siapkan panci berisi air dan masukan bahan-bahan seperti jahe, gula pasir, gula merah yang sudah diiris tipis, cengkeh, kayu manis, dan juga daun pandan yang diikat.

Advertisement

Masak di atas api kecil hingga mendidih dan warna air berubah jadi kecokelatan. Pastikan sebelum api dimatikan aroma rempah sudah tercium sedap

Setelah mendidih, angkat dan saring air resep bandrek asli. Jika masih kurang jernih, ulangi proses menyaring hingga 2 kali
Setelah itu, olahan resep bandrek asli siap dihidangkan selagi hangat

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Frisianflag.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Atlet Muda Sleman Diguyur Bonus

Sleman
| Selasa, 06 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kepulauan Widi Dilelang di Amerika Serikat, Gobel Dukung Pemerintah Beri Perlindungan

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement