Advertisement

Doyan Banget! Yuk Ajak Anak-anak Memasak Donat Kentang, Ini Resepnya

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 03 Juni 2022 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Doyan Banget! Yuk Ajak Anak-anak Memasak Donat Kentang, Ini Resepnya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Memasak camilan bisa menjadi pilihan mengisi waktu waktu libur akhir pekan bersama anak-anak. Tidak perlu cari makanan yang rumit, resep olahan sederhana bisa menjadi pilihan, seperti donat kentang.

Dilansir dari Frisianflag.com, resep donat kentang sudah banyak dibuat sebagai salah satu camilan sehat mengenyangkan untuk memaksimalkan diet. Sesuai dengan namanya, cara membuat donat yang satu ini tentu saja menggunakan kentang sebagai bahan utamanya.

Resep donat kentang ini memaksimalkan manfaat yang dikandung kentang yang baik bagi kesehatan. Meskipun cukup populer di Indonesia, ternyata resep donat kentang yang empuk ini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam tersebut, cara membuat donat membutuhkan teknik khusus.

Baca juga: Cara Mudah Mencari Resep Masakan untuk Sahur & Buka Puasa

Resep donat kentang di Amerika Serikat hadir sekitar tahun 1938. Awalnya, cara membuat donat kentang yang empuk ini merupakan resep khusus dan rahasia dari restoran keluarga di Amerika Serikat. Namun, di tahun 1950-an, gerai-gerai makanan ringan mulai memperkenalkan resep donat kentang dengan cara membuat donat sesuai keahlian mereka masing-masing. Oleh karena itu, setiap gerai memiliki cita rasa yang khas dari donat-donat yang dijual. Selepas itu, donat kentang yang empuk jadi salah satu camilan yang populer di negara tersebut.

Sebelum mengetahui resep donat kentang yang lezat, sebaiknya Anda ketahui dulu cara membuat donat kentang anti gagal. Sebab, ada beberapa teknik khusus saat membuat donat agar tidak bantat yang harus Anda coba sendiri di rumah.

Tips Cara Membuat Donat Kentang Anti Gagal

Resep donat kentang yang tepat akan menciptakan tekstur yang lembut dan rasa yang lezat. Namun, cara membuat donat memang memiliki tantangan tersendiri. Sebab, banyak pula yang mencoba membuat donat, tetapi hasilnya tidak sesuai ekspektasi karena bantat dan keras.

Ada beberapa tips cara membuat donat kentang anti gagal dan bantat:

- Resep donat kentang yang tepat memiliki proses menggoreng yang cepat. Jika Anda gagal fokus sebentar saja, jangan kaget jika hasilnya jadi gosong. Suhu terbaik untuk menggoreng donat adalah 360 sampai 375 derajat Celcius.

Advertisement

- Resep donat kentang dan cara membuat donat yang cukup penting dan perlu diperhatikan adalah pengaruh air dalam adonan kentang. Jika adonan menjadi keras, itu tanda bahwa airnya kurang. Anda bisa menyiasatinya dengan tuangi air dingin, bukan air hangat, sampai adonan mengembang dan terasa lebih empuk.

- Anda juga bisa gunakan tisu makan untuk menyerap minyak daripada sekadar meniriskan.

- Cara membuat donat anti gagal yang tak kalah penting yaitu saat mengukus kentang. Sebaiknya kukus kentang tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Teknik khusus dalam membuat resep donat kentang ini sangat penting agar kentang tidak menyerap banyak air saat dikukus. Kentang yang mengandung banyak air akan mengurangi rasa dari kentangnya itu sendiri.

Advertisement

- Hindari juga tuangi air dingin setelah margarin karena cara ini bisa menyebabkan donat tidak lembut.

Resep donat kentang Sederhana

Ini adalah resep donat kentang yang cukup sederhana karena sebagian besar bahan-bahannya bisa Anda dapatkan dengan mudah, atau bahkan sudah tersedia di rumah. Anda dapat membuatnya untuk dihidangkan sebagai camilan sehat di pagi hari sebagai menu sarapan atau sore hari saat sedang bersantai di rumah. Langsung siapkan wadah dan bahan-bahan dan ikuti cara membuat donat kentangnya yuk!

Bahan-bahan resep donat kentang sederhana:

Advertisement

150 gram kentang rebus
380 gram tepung protein tinggi
65 gr gula kastor
3 kuning telur
7 gr ragi
50 gram mentega
½ sdt garam
150 ml air
50 gram Susu Bubuk Frisian Flag Full Cream
2 sdt ragi instan
50 gram gula halus


Cara membuat donat kentang sederhana:

Campurkan air dan gula aduk rata, masukkan ke dalam tepung terigu, masukkan ragi, kentang yang sudah dihaluskan, kuning telur, dan Susu Bubuk Frisian Flag Full Cream

Advertisement

Setelah adonan rata, tambahkan mentega dan garam sedikit, uleni sebentar. Istirahatkan adonan selama 2-3 jam atau hingga mengembang

Bentuk adonan mengembang tadi, lalu goreng donat dalam minyak panas dengan api sedang hingga cokelat keemasan

Tabur gula halus sesuai selera, resep donat kentang sederhana ini siap disajikan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Tingkatkan Literasi, Perpusnas RI Jalin Kesepakatan dengan Pemkab Sleman

Sleman
| Selasa, 05 Juli 2022, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement