Advertisement

5 Kebiasaan Ini Harus Dihindari Setelah Olahraga

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 05 Juni 2022 - 15:17 WIB
Bhekti Suryani
5 Kebiasaan Ini Harus Dihindari Setelah Olahraga Ilustrasi Salad Asparagus. - myfoodbook.com.au

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Apa yang biasa Anda lakukan setelah berolahraga? Minum, istirahat atau langsung makan?

Ternyata, ada beberapa pedoman baik yang harus Anda lakukan pasca olahraga agar tidak membahayakan tubuh.

Advertisement

"Makan setelah berolahraga sangat penting untuk mengoptimalkan pemulihan. Ini adalah kesempatan untuk mengisi bahan bakar otot Anda, mengurangi peradangan, dan membantu membangun atau mempertahankan massa otot tanpa lemak," kata Erin Kenney, RD, MS, LDN, CPT, ahli diet terdaftar , pelatih pribadi bersertifikat, dan CEO Nutrition Rewired.

Jadi, pastikan untuk menikmati makanan sehat seperti 16 makanan ringan pasca-latihan yang disumpah oleh ahli kebugaran atau makanan sehat lainnya.

Berikut lima kebiasaan makan yang harus dihindari setelah Anda membakar kalori lewat olahraga seperti dilansir dari Eat This. 

1. Makan salad

Yap, pasca-latihan mungkin sebaiknya Anda tidak mengonsumsi salad. Alasannya, salad tinggi serat dan membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna usus. Tepat setelah berolahraga, sebagian besar darah dikeluarkan dari saluran pencernaan Anda, menjadikannya akan lebih bekerja keras jika mengonsumsi serat.  Sebaliknya, pilihlah makanan cepat saji seperti karbohidrat dan protein seperti smoothie dengan pisang dan bubuk protein.

2. Menyeruput minuman olahraga 

Makan makanan seimbang dan camilan dan air minum cukup untuk mengisi kembali elektrolit yang hilang dan mengisi kembali glikogen yang disimpan,. Sebagian besar minuman olahraga mengandung gula rafinasi dan aditif yang tidak bagus untuk seseorang yang ingin mengoptimalkan kesehatannya.

3. Lupa menghidrasi tubuh

Minum air setelah berolahraga sama pentingnya dengan sebelum dan selama berolahraga. Saat kita berolahraga, cairan hilang melalui keringat, dan perlu diganti," kata ahli diet terdaftar Stephanie Hnatiuk, RD, CDE, PTS, pemilik Stephanie Hnatiuk Nutrisi Kinerja. "Semakin banyak kita olahraga, semakin banyak air yang kita butuhkan!"

Seperti yang disoroti Hnatiuk, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, kram otot, dan masalah GI. Cairan atau elektrolit tambahan mungkin diperlukan jika melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, di lingkungan yang panas/lembab.

4. Tidak makan karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber bahan bakar utama tubuh kita dan dibutuhkan setelah berolahraga. Kombinasi protein dan karbohidrat akan membantu proses pemulihan dengan mengisi kembali simpanan glikogen, membantu membangun dan memperbaiki otot, dan mempersiapkan Anda untuk [latihan] di masa depan.  Misalnya, daripada hanya minum protein shake yang dicampur dengan air, disarankan untuk mengonsumsi smoothie berprotein tinggi dengan buah.

5 Tidak makan sama sekali

Mungkin Anda tergoda untuk menggunakan olahraga sebagai cara untuk mempertahankan defisit kalori untuk pemeliharaan atau penurunan berat badan, tetapi penting untuk makan dan mengisi bahan bakar untuk mempertahankan massa otot tanpa lemak.

Makan membantu menurunkan hormon stres dan menyeimbangkan gula darah sepanjang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement