Advertisement

Ini 3 Tanda Kolesterol Tinggi dari Mata

Novita Sari Simamora
Senin, 06 Juni 2022 - 14:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini 3 Tanda Kolesterol Tinggi dari Mata Gejala kolesterol tinggi bisa dilihat dari kondisi mata

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gejala kolesterol bisa dilihat dari bola mata. Kenali gejala penyakit tersebut sebelum berdampak serius bagi kesehatan Anda.

Kolesterol tinggi bisa disebabkan karena Anda kurang berolahraga, sehingga terjadi penumpukkan kolesterol di arteri. Penumpukan lemak terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan sangat sedikit bergerak.

Kenali gejala kolesterol dari mata:

1. Xanthelasma

Xanthelasma adalah salah satu gejala paling umum dari kolesterol tinggi yang terkait dengan mata Anda. Ini adalah area kekuningan di sekitar mata atau di dekat hidung yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol di bawah kulit wajah Anda.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Area kuning cenderung datar atau agak menonjol, tetapi ini tidak memengaruhi penglihatan Anda. Hal itu biasanya terlihat di sekitar mata orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Gejala penyakit kolesterol paling sering terjadi pada wanita, karena kelebihan berat badan, perokok atau mereka yang menderita diabetes. Sekitar setengah dari mereka yang menderita xanthelasma memiliki kadar kolesterol yang berbahaya.

Oklusi Vena Retina gejala kolesterol di mata

2. Oklusi Vena Retina

Oklusi Vena Retina adalah ketika vena yang memasok darah ke retina, jaringan di belakang mata Anda, tersumbat oleh timbunan lemak kolesterol. Darah dan cairan tumpah ke retina, retina membengkak dan mempengaruhi penglihatan Anda.

Arteri retina juga dapat tersumbat, yang dapat menyebabkan stroke mata. Kondisi berbahaya tersebut dapat menyebabkan kematian sel saraf yang mengakibatkan kehilangan penglihatan sementara yang parah hingga masalah kolesterol Anda terkendali.

Baik Oklusi Vena Retina dan Oklusi Arteri Retina sama-sama menyakitkan, menyebabkan pandangan kabur di satu mata dan dapat menyebabkan floaters - bintik hitam atau garis yang memengaruhi penglihatan Anda.

Advertisement

3. Plak Hollenhorst

Plak Hollenhorst adalah gejala kolesterol tinggi yang jarang, tetapi serius. Kondisi ini terjadi ketika sepotong kolesterol ditemukan di arteri retina Anda.

Plak tidak menimbulkan gejala dan Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memiliki masalah plak kolesterol di mata Anda sampai menyebabkan penyumbatan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mengaku Petugas BLT, Pencuri Gasak Perhiasan Rp105 Juta Milik Warga Minggir Sleman

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Terungkap, Lukas Enembe Tersangka Suap dan Gratifikasi Proyek APBD Papua

News
| Senin, 26 September 2022, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement