Advertisement

Wajib Tahu: Toilet di Dalam Bus Tidak Boleh untuk Berak!

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 08 Juni 2022 - 16:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wajib Tahu: Toilet di Dalam Bus Tidak Boleh untuk Berak! Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Video bus yang ditahan karena penumpangnya berak di toilet bus membuat heboh publik belakangan ini. Dari kejadian itu, bisa disimpulkan bahwa aturan penggunaan toilet bus belum sepenuhnya dipahami masyarakat. 

Beberapa perusahaan oto bus ada yang menyediakan fasilitas toilet dalam. Biasanya, fasilitas ini terdapat di bus angkutan kota angkutan provinsi (AKAP). 

Bus AKAP menempuh perjalanan yang cukup jauh sehingga tidak memungkinkan untuk berhenti setiap saat jika ada penumpangnya yang ingin buang air kecil atau buang air besar. Sembari menunggu waktu berhenti di SPBU atau rest area, penumpang bisa menggunakan toilet dalam ini. 

Namun, penggunaan toilet dalam bus memiliki keterbatasan yakni tidak boleh digunakan untuk berak atau buang air besar. Toilet bus hanya bisa dipakai untung buang air kecil. Itu saja boleh dilakukan saat bus sedang melaju. Hal tersebut dikarenakan bus tidak dilengkapi dengan penampungan kotoran.

Etika penggunaan toilet dalam bus tersebut belum sepenuhnya dipahami penumpang. Pemilik PO Gege Transport, Hantoro juga membenarkan hal tersebut. Meski sudah ada tulisan di pintu toilet, tetapi penumpang tidak memerhatikannya karena beberapa faktor, salah satunya tidak berpengalaman naik bus. 

Baca juga: Viral Bus Ditahan Gara-gara Penumpang Berak dan Tinjanya Jatuh di SPBU

"Perlu ketegasan crew untuk menyampaikan aturan penggunaan toilet bagi penumpang," kata Hantoro kepada Harianjogja.com, Rabu (8/6/2022). 

Ia menjelaskan, bus dengan toilet dalam memang tidak memiliki penampungan atau septic tank sehingga kotoran yang keluar dari pipa toilet langsung jatuh ke tanah atau aspal. 

Hantoro pun mengusulkan agar model bus ke depan mempertimbangkan kebutuhan akan penampungan ini. "Meskipun jalan, harus masuk tampungan sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lain," kata pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Organda DIY ini. 

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang mengangkat soal penggunaan toilet bus viral di media sosial. Akun TikTok @ezamaulana mengunggah sebuah kejadian dimana sebuah bus terpaksa dihentikan dan didenda lantaran ada penumpang yang diduga buang air besar di toilet bus. Parahnya lagi, kotoran atau tinja yang keluar dari lubang toilet bus itu terjatuh saat bus berhenti di SPBU untuk mengisi bahan bakar.

Advertisement

Video viral itu diberi judul "Perkara T*i bis ketahan".

""Lagi isi solar tiba2 tai jatoh dari bis pas di SPBU, akhirnya bis ketahan kena denda, dan satu bis gak ada yg ngaku itu t*i siapa. Baru tau aku ternyata toilet bis langsung jatoh ke bawah," bunyi tulisan yang ada dalam video tersebut.

Melihat kejadian itu, salah seorang petugas langsung masuk ke bus dan berdiri di hadapan penumpang. Ia menanyakan kepada penumpang siapa yang berak di toilet bus.

Advertisement

Baca juga: Nia Ramadhani Cerita soal Kasus Narkobanya: Kejadian Kemarin Bukan Musibah

"Yang berak siapa, soalnya enggak bakalan jalan ini busnya," kata petugas itu sembari menatap ke arah penumpang dan menunggu salah satu di antara mereka mengaku.

Sontak postingan itu langsung dibanjiri komentar. Hingga berita ini ditulis, video tersebut sudah mendapat komentar lebih dari 36.000.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kejati DIY Buka Balai Rehabilitasi Pengguna Narkoba, Ini Lokasinya

Bantul
| Senin, 04 Juli 2022, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mobilitas Masyarakat Semakin Tinggi, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan di Jalur KRL Yogyakarta–Solo

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement