Advertisement

Sejumlah Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

Anshary Madya Sukma
Jum'at, 10 Juni 2022 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Sejumlah Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh Berjalan kaki baik untuk kesehatan - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Berjalan kaki adalah cara sederhana untuk meningkatkan ataupun menjaga kesehatan pada tubuh seseorang, dengan berjalan kaki hanya 30 menit saja maka akan banyak sekali manfaat didapatkan.

Dilansir dari Betterhealth.vic.gov.au pada Jumat (10/6/2022), dalam sebuah studi pada 2007 terhadap wanita yang aktif berolahraga sekitar 75 menit per minggu dapat meningkatkan kebugaran secara signifikan jika dibandingkan dengan yang tidak berolahraga.

Advertisement

Tentunya olahraga ini tidak harus dengan aktivitas yang berat, karena hanya dengan berjalan kaki juga sudah termasuk ke dalam olahraga ringan yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

BACA JUGA: Siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan Tak Bisa Ikut Ujian karena Nunggak Biaya, Ini Tanggapan Bupati Bantul

Untuk melakukannya pun sangat sederhana. Anda tidak perlu melakukannya dengan kecepatan yang sama dengan orang lain, lakukanlah sesuai kemampuan berjalan Anda. Berjalan juga merupakan bentuk aktivitas fisik yang bagus untuk orang yang kelebihan berat badan, lanjut usia, atau yang sudah lama tidak berolahraga.

Cobalah untuk menjadikan berjalan sebagai rutinitas Anda. Misalnya, cobalah berjalan pada waktu yang sama setiap hari. Lakukanlah aktivitas berjalan ini dengan kerabat, teman, keluarga atau binatang peliharaan seperti anjing untuk menemani Anda agar berjalan menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, bawalah sebuah pedometer mengukur jumlah langkah yang Anda ambil. Anda dapat menggunakannya untuk mengukur gerakan Anda sepanjang hari dan membandingkannya dengan hari-hari lain.

Hal ini dapat memotivasi Anda untuk bergerak lebih banyak. Dalam jumlah langkah akumulasi yang disarankan per hari untuk mencapai manfaat kesehatan adalah sekitar 10.000 langkah atau lebih. Aktivitas berjalan kaki memiliki manfaat bagi tubuh Anda.

Simak manfaat berjalan kaki untuk tubuh, sebagai berikut:

1. Peningkatan kebugaran kardiovaskular dan paru (jantung dan paru-paru).

2. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Dapat terhindar dari kondisi seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol tinggi, nyeri atau kekakuan sendi dan otot, dan diabetes.

4. Menjadikan tulang yang lebih kuat dan keseimbangan yang lebih baik.

5. Meningkatnya kekuatan dan daya tahan otot

6. Lemak tubuh berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement