Advertisement

Benarkah Buah Nanas Bisa Mengobati Diabetes? Ini Penjelasannya

Nabila Dina Ayufajari
Sabtu, 11 Juni 2022 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Benarkah Buah Nanas Bisa Mengobati Diabetes? Ini Penjelasannya Buah Nanas bisa mencegah kolesterol dan diabetes

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Diabetes adalah penyakit kronis yang memerlukan intervensi diet dengan tepat dan perubahan gaya hidup untuk manajemen yang efektif. Kondisi ini terjadi ketika glukosa darah atau kadar gula darah sangat melonjak dalam tubuh.

Oleh karena itu, memilih diet yang tidak menghambat kadar gula darah Anda dapat membantu mengendalikan diabetes secara alami. 

Banyak pemerhati kesehatan menekankan untuk memasukkan beberapa jenis buah-buahan sarat dengan nutrisi ke dalam makanan sehari-hari. Namun, banyak jenis buah-buahan sarat dengan gula dan karbohidrat alami sehingga penderita diabetes disarankan untuk tetap memperhatikan konsumsi buah-buahan. 

Sementara beberapa buah-buahan menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes, hanya sedikit yang mendapat reputasi buruk karena nilai Indeks Glikemik (GI) yang tinggi. 

Nanas yang manis dan menyengat dikemas dengan banyak nutrisi. Namun, apakah nanas menjadi salah satu buah nanas yang aman bagi penderita diabetes? Melansir dari Pink Villa pada Jumat (10/6), ini jawabannya.

Apa Hubungannya Nanas dan Diabetes?

Nanas mengandung banyak nutrisi, enzim, dan antioksidan seperti bromelain yang tidak hanya membantu meningkatkan kekebalan dan pencernaan, tetapi juga menekan peradangan sambil melawan stres oksidatif.

Sementara buah yang luar biasa ini dapat memperkaya siapa saja dengan nutrisi sehat, buah ini tidak memberikan manfaat yang sangat bersih bagi mereka yang menderita diabetes. Nanas memiliki skor GI sedang, sedangkan buah dengan GI rendah “hanya” dianggap layak untuk penderita diabetes. 

GI adalah sistem penilaian yang diberikan untuk makanan yang mengandung karbohidrat pada ukuran bagaimana mereka mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Nanas mentah memiliki skor GI 66 yang menunjukkan bahwa konsumsi buah ini dapat mempengaruhi kadar glukosa darah dibandingkan dengan buah lain yang memiliki skor GI rendah di bawah 55.

Menurut pemerhati kesehatan, meskipun nanas mengandung serat dalam jumlah tinggi yang membantu mengurangi penyerapan gula dalam tubuh dan membuat Anda puas untuk waktu yang lebih lama, tetapi skor GI sedang memberinya label buah yang “kurang aman” bagi penderita diabetes. Ini karena dapat menyebabkan gejala-gejala yang mengganggu dalam tubuh seperti kegoyahan.

Cara Konsumsi Nanas saat Menderita Diabetes

Ada banyak cara untuk Anda penderita diabetes tetap menikmati buah ini. Nanas dalam jumlah kecil dapat dikonsumsi di pagi hari disertai dengan lemak yang ditemukan dalam kacang-kacangan, protein, atau buah-buahan lain dengan kadar GI rendah untuk membatasi efek buah ini pada kadar gula darah.

Advertisement

Sama seperti makanan lainnya, efek GI moderat dapat bervariasi, tergantung pada apa yang Anda gabungkan dengannya. Menggabungkan karbohidrat berserat, protein, atau lemak bergizi dengan nanas akan menunda makan berlebihan dan mengenyangkan Anda lebih lama, serta mengurangi lonjakan gula darah dalam tubuh

Adapun sejumlah faktor yang dapat meningkatkan GI pada nanas sehingga Anda perlu memperhatikannya, yaitu:

1. Jenis nanas: nanas yang lebih matang mengandung skor GI yang lebih tinggi

Advertisement

2. Cara mengolahnya: jus buah kaya akan gula akan membuat skor GI lebih tinggi

3. Cara mengemas: Buah nanas yang diproses atau tidak diproses, kaleng atau kering, dan diisi dengan gula tambahan akan memiliki skor GI yang lebih tinggi.

Cara sehat paling sederhana untuk mengonsumsi nanas adalah dalam bentuk mentah atau dipadukan dengan makanan yang memiliki skor GI rendah. Anda juga dapat mengonsumsi dalam jumlah sedang sebagai lauk dengan makanan utama.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ren Florist Kian Berkembang di Tengah Pandemi

Sleman
| Selasa, 05 Juli 2022, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement