Advertisement

Ini 10 Tanda Awal Penyakit Ginjal

Arlina Laras
Rabu, 22 Juni 2022 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Ini 10 Tanda Awal Penyakit Ginjal Gejala penyakit ginjal bisa dideteksi sejak dini - wikybrew.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Lebih dari 37 juta orang dewasa Amerika hidup dengan penyakit ginjal dan sebagian besar tidak mengetahui tanda-tandanya.

Ada sejumlah tanda fisik penyakit ginjal, tetapi terkadang banyak orang tidak memerhatikannya. Bahkan, sebagian orang cenderung menghubungkannya dengan kondisi lain. 

Advertisement

Sebagian orang yang memiliki penyakit ginjal cenderung tidak mengalami gejala sampai pada tahap yang sangat lanjut, salah satunya ketika gagal ginjal atau ketika ada protein dalam jumlah besar protein masuk ke dalam urin.

Dikutip dari Kidney.org, Rabu (22/6/2022), dokter Joseph Vassalotti, Kepala Petugas Medis di National Kidney Foundation mengatakan temuan gagal ginjal muncul karena orang tersebut orang tersebut tidak mengetahui gejala penyakit ginjal.

Ada 10 gejala penyakit ginjal yang bisa dideteksi secara dini, agar Anda tidak terkena gagal ginjal. Ini sangat penting bagi Anda yang memiliki risiko terkena penyakit ginjal karena tekanan darah tinggi, diabetes, riwayat keluarga gagal ginjal.

Tanda-tanda Penyakit Ginjal

1. Anda mudah lelah, kurang energi, atau sulit berkonsentrasi

Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan orang menjadi mudah merasa lelah, lemah dan hingga membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi. Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia , yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

2. Anda mengalami kesulitan tidur

Ketika ginjal tidak menyaring dengan benar, maka tubuh akan kelebihan racun dan ini dapat menyebabkan Anda sulit tidur. Ada juga hubungan antara obesitas, penyakit ginjal kronis, dan sleep apnea, di mana itu adalah suatu gangguan tidur yang kerap terjadi pada orang dengan penyakit ginjal kronis.

3. Anda memiliki kulit kering dan gatal

Ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting. Mereka menghilangkan zat yang berlebih dari tubuh Anda, membantu pembuatan sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat dan mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah Anda.

Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal stadium lanjut, ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan yang tepat dari mineral dan nutrisi dalam darah Anda.

Advertisement

4. Sering buang air kecil

Jika Anda sering merasa ingin buang air kecil, terutama di malam hari, ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Ketika filter ginjal rusak, kondisi ini dapat menyebabkan meningkatnya keinginan untuk buang air kecil. Terkadang ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

5. Ada darah di urin Anda

Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel-sel darah dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urin, tetapi ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini bisa mulai "bocor" ke dalam urin. Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urin bisa menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

6. Urin Anda menjadi berbusa

Urin yang tampak berbusa dapat menandakan adanya protein di dalam urin yang merupakan salah satu tanda gagal ginjal. Ginjal berfungsi menyaring darah dan membuang zat sisa dari dalam tubuh. Protein merupakan salah satu molekul yang akan tersaring oleh ginjal dan tidak akan keluar bersama urin

Advertisement

7. Adanya pembengkakan di sekitar mata 

Protein dalam urin adalah tanda awal bahwa filter ginjal telah rusak, memungkinkan protein bocor ke dalam urin. Pembengkakan di sekitar mata dapat disebabkan oleh fakta bahwa ginjal Anda tidak mampu menyaring protein di dalam tumbuh.

8. Pergelangan kaki dan kaki Anda bengkak

Pembengkakan juga mungkin terjadi di area tubuh lain, seperti, lengan, kaki, pergelangan kaki dan kaki.
Ginjal membantu menyaring limbah dan kelebihan natrium dari tubuh. Ketika dua organ berbentuk kacang di perut bagian bawah ini tidak dapat berfungsi secara efisien, tubuh mulai menahan natrium. 

Akhirnya penumpukan itu menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki dan tulang kering. Kondisi ini disebut sebagai edema.

Pembengkakan secara ekstrem juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah vena kaki kronis (Chronic Venous Insufficiency)

Advertisement

9. Nafsu makan Anda menjadi buruk

Ini adalah gejala yang sangat umum, tetapi penumpukan racun akibat penurunan fungsi ginjal bisa menjadi salah satu penyebabnya.

10. Otot Anda kram

Adanya penurunan fungsi ginjal menjadikan adanya ketidakseimbangan kadar natrium, kalsium, kalium, atau elektrolit lainnya hingga bisa menimbulkan gangguan pada otot dan saraf.

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Kasus Covid-19 Diperkirakan Naik di Juli, Bagaimana Nasib Event Wisata di DIY?

Jogja
| Rabu, 29 Juni 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Catat! Ini Kriteria Kendaraan yang Bisa Beli Pertalite dan Solar di MyPertamina

News
| Rabu, 29 Juni 2022, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement