Advertisement

Wajib Tahu! Ini Alasan Tulisan Ambulance Terbalik

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 27 Juni 2022 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wajib Tahu! Ini Alasan Tulisan Ambulance Terbalik Foto ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Ambulance atau ambulans termasuk kendaraan yang sering kita temui di jalan. Namun berbeda dari kendaraan lainnya, ambulance memiliki tulisan yang terbalik pada sisi depan. 

Tulisan yang tertera pada mobil bagian depan bukanlah AMBULANCE tetapi ECNALUMBA. Sementara tulisan di sisi kanan, kiri dan belakang tetap AMBULANCE.

Penulisan ECNALUMBA bukan merupakan kesalahan cetak. Penulisan itu memang disengaja untuk tujuan tertentu.

Berdasarkan UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No.22/2009 Pasal 134, ambulance termasuk kendaraan prioritas. Kendaraan ini harus didahulukan karena mengangkut penumpang yang sakit. Pengendara lain yang bertemu ambulance harus mengalah untuk memberikan jalan kepada ambulance itu agar melaju lebih dulu.

Berkaitan dengan itulah mengapa tulisan Ambulance kemudian di balik.

Baca juga: Nomor Telepon Ambulans di Kota Jogja

Tulisan yang dibalik bertujuan agar pengendara yang berada di depan ambulance bisa membaca keberadaan mobil tersebut di belakangnya. Sebab saat dilihat dari kaca spion kendaraan, tulisan terbalik itu akan terbaca normal yaitu AMBULANCE.

Saat mendengar sirine berbunyi dan melihat ada ambulance di belakangnya, pengendara diharapkan dapat menepi untuk memberikan jalan. Pengendara harus mempersilakan ambulance di belakangnya jalan lebih dulu.

Penulisan kata ambulance yang terbalik sendiri tak hanya berlaku di Indonesia. Tetapi, juga berlaku di negara-negara lain di luar negeri. Penulisan secara terbalik ini juga dipakai untuk kendaraan prioritas lainnya seperti pemadam kebakaran. 

Memakai Metode Mirror Writing

Advertisement

Dilansir dari laman Daihatsu, penulisan kata ambulance yang terbalik itu disebut dengan metode mirror writing yakni metode menulis huruf atau kalimat secara terbalik. Pada zaman dahulu, Leonardo da Vinci lazim menggunakan metode ini untuk menulis catatan pribadinya. Mirror writing juga lazim ditemukan pada sejumlah karya kaligrafi di era kekaisaran Turki.

Seiring berjalannya waktu, mirror writing mulai dipakai untuk penulisan kode. Kode yang ditulis dengan metode ini nantinya bisa dibaca jelas lewat cermin yang bias. Penulisan kata ambulance yang terbalik adalah salah satu contohnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Mengenal Melasma Kumis, Berbahaya?

Mengenal Melasma Kumis, Berbahaya?

Lifestyle | 16 hours ago

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Cara Ngadu Langsung ke Presiden Jokowi, Gratis!

Jogja
| Senin, 15 Agustus 2022, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Padepokan Penghayat Kekadangan Wringin Seto Gelar Tradisi Suran

News
| Senin, 15 Agustus 2022, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement