Advertisement

Tips Make Up Anti-Luntur, Berkeringat Tetap Aman

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 06 Juli 2022 - 16:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Make Up Anti-Luntur, Berkeringat Tetap Aman Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Make up luntur akan sangat mengganggu penampilan seorang wanita. Selain risih, kepercayaan dirinya bisa jadi hilang.

Make up yang luntur bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya cuaca. Cuaca panas bisa membuat seseorang berkeringat dan mengakibatkan riasannya luntur.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Agar make up awet dan tahan lama tanpa luntur terkena keringat, Anda perlu mengaplikasikan beberapa hal. Berikut ini tips agar make up anda tidak luntur meski berkeringat karena cuaca panas, dihimpun dari berbagai sumber: 

1. Pelembab ringan

Anda harus mempersiapkan kulit terlebih dahulu sebelum mengoleskan make up ke wajah. Untuk melindungi kulit dari sengatan matahari, pelembab dan SPF merupakan dua hal wajib untuk dipakai.

Agar mengurangi efek kilap pada kulit, sebaiknya pilih pelembab dan SPF dengan tekstur ringan. Lebih disarankan produk water-based, sehingga lebih mudah meresap ke dalam kulit.

2. Pakai Primer

Jika diumpamakan, primer merupakan perekat yang berfungsi membantu makeup menempel lebih lama pada kulit. Sehingga Anda perlu mengaplikasikan primer ke wajah. 

3. Pemilihan foundation dan concealer

Jika make up berisiko luntur saat terkena keringat, pertimbangkan jenis foundation dan concealer yang digunakan. Di tengah cuaca panas, tidak disarankan untuk menggunakan foundation cair. Karena saat berkeringat, foundation berpotensi luntur pada kulit.
Sebagai gantinya, gunakan foundation bubuk atau bedak yang bisa di-retouch berkali-kali dengan mudah.

4. Eyeliner

Eyeliner dan maskara seharusnya dipilih yang tahan air. Cara ini menjadi salah satu langkah mudah dalam mengatasi masalah keringat saat sedang menggunakan make up.

Advertisement

Eyeliner dan maskara menjadi dua hal yang rentan sekali luntur saat terkena keringat.

5. Pilih Jenis Bedak yang Sesuai

Bedak juga bisa digunakan untuk mengunci riasan agar tidak mudah luntur. Namun jangan sampai menggunakan sembarang bedak agar make up tidak bergeser. 

Sebaiknya menggunakan bedak tabur dan oleskan tipis-tipis saja ke area wajah yang rentan berkeringat. Area wajah tersebut termasuk dahi, sekitar hidung, dan area dagu.

Advertisement

Jenis bedak tersebut membuat make up awet dipakai sepanjang hari dan memberikan hasil akhir yang lembut. Jika ingin mengaplikasikan concealer di bawah mata, disarankan juga untuk mengaplikasikan bedak tabur di area tersebut.

6. Gunakan Kertas Minyak

Jika Anda rentan berkeringat, tidak ada salahnya membawa kertas minyak ketika bepergian. Ketika wajah sudah tampak mengkilap, berminyak, atau berkeringat, gunakan kertas minyak agar riasan tidak luntur.

Alih-alih menggosok wajah dengan handuk atau tisu, Anda bisa menggunakan kertas minyak dengan cara tap-tap secara perlahan pada wajah.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 1 day ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Sejumlah Keluarga Korban Longsor Gunungkidul Masih Bertahan di Pengungsian

Gunungkidul
| Senin, 05 Desember 2022, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Polisi Telah Temukan Penyebab Kematian Misterius Keluarga di Kalideres

News
| Senin, 05 Desember 2022, 20:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement