Advertisement

Moms, Lakukan Hal Ini saat Anak Pertama Kali Sekolah

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 11 Juli 2022 - 10:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Moms, Lakukan Hal Ini saat Anak Pertama Kali Sekolah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pada hari ini, Senin (11/7/2022), sebagian besar sekolah di DIY sudah memulai aktivitas pembelajaran tahun ajaran 2022/2023. Tidak hanya siswa sekolah dasar, menengah dan atas, siswa taman kanak-kanak (TK) juga sudah masuk sekolah hari ini. 

Bagi anak-anak TK, sekolah menjadi momen pertama mengenyam bangku pendidikan. Mereka mulai meninggalkan aktivitas hariannya di rumah bersama orang tua untuk menghabiskan waktu pagi hingga siang hari di sekolah bersama orang-orang yang baru. 

Hal ini membuat anak harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Ada anak yang langsung menerima perubahan lingkungan itu tetapi ada pula yang susah untuk menyesuaikan diri. Dalam kondisi seperti ini, orang tua dalam hal ini adalah ibu, tidak dapat serta serta menyerahkan sepenuhnya kepada guru. Ibu harus memberikan pendampingan.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Berikut ini tips untuk para ibu dalam mendampingi anak-anaknya yang baru pertama kali masuk sekolah, dihimpun dari berbagai sumber:

1. Luangkan waktu 

Bagi ibu rumah tangga, mengantarkan anak untuk pertama kali ke sekolah tidaklah menjadi masalah karena tidak terbentur dengan waktu. Namun bagi ibu pekerja, perlu untuk meluangkan waktu demi dapat mengantarkan anak sekolah. 

Ambilah cuti 1-3 hari khusus untuk mendampingi anak selama di sekolah dan di rumah. 

2. Antar anak

Pada hari pertama sekolah, antar dan temani anak agar mereka tidak merasa ibu meninggalkannya. Sebelum memasuki kelas, ibu perlu memberikan semangat kepada buah hati. Bisa dengan kata-kata bisa juga dengan kecupan lembut di pipi atau keningnya. 

Namun saat menemaninya bersekolah, ada kalanya ibu harus “menghilang” beberapa waktu dari pandangannya agar anak terlatih untuk tidak selalu ditemani orangtua.

3. Jangan memanjakan

Bila anak rewel dan memaksa untuk selalu ditemani ibunya, jangan menuruti kemauannya karena nanti akan menjadi kebiasaan. Berilah pemahaman bahwa teman-teman di sekolah sangat menyenangkan. Bermain di sekolah sama menyenangkannya saat bermain di rumah bersama ibu. 

Advertisement

Beri pengertian bahwa saat sekolah, anak harus bersosialisasi dan tidak bisa menempel terus dengan orangtuanya. Sepertinya ibu juga perlu menjalin kerjasama dengan orang tua siswa lainnya untuk saling mengenalkan anaknya dan meminta mereka untuk bermain bersama. 

4. Beri apresiasi

Apabila anak berhasil menjalani hari pertama dengan baik, berikan apresiasi kepadanya agar si kecil semakin termotivasi dan betah saat sekolah.

Apresiasi dapat berupa pujian lisan atau menandai tanggal pertama bersekolah lewat kalendernya dengan gambar senyuman. Perlu bagi Anda untuk membiasakan tidak memberi apresiasi dalam bentuk barang kepada anak, seperti memberi jajanan berupa coklat. Hal ini agar anak tidak selalu menuntut hal yang sama di kemudian hari. 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Jogja
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement