Advertisement

Wanita Harus Tahu, Lebih Bahaya Lemak Perut atau Paha?

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 11 Juli 2022 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wanita Harus Tahu, Lebih Bahaya Lemak Perut atau Paha? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Perut buncit dan paha besar kerap menjadi permasalahan bagi kaum wanita. Mereka menjadi tidak percaya diri dengan penampilannya. 

Kondisi perut yang buncit serta paha besar sering diartikan sebagai akibat penumpukan lemak. Lemak seringkali dikonotasikan dengan hal negatif sehingga membuat banyak orang ketakutan dan membayangkan berbagai penyakit yang bisa dialami.

Sebenarnya lemak dalam jumlah kecil sangat dibutuhkan oleh tubuh agar kondisi tubuh sehat dan seimbang. Lemak adalah zat dengan energi tinggi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Namun, mengonsumsi terlalu banyak lemak dapat memicu penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh, seperti perut dan paha.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Kondisi inilah yang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Lalu, mana yang lebih bahaya, lemak perut atau lemak paha? Berikut ini ulasannya yang dilansir dari Halodoc. 

Baca juga: Menu Lebaran Banyak Lemak? Hati-Hati Lho

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika jumlah lemak dalam tubuh sesuai dengan yang diperlukan. Namun, jika kamu mengonsumsi lemak berlebih, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh.

Beberapa bagian tubuh yang sering mengalami penumpukan lemak adalah bagian perut dan paha. Penumpukan lemak pada perut menyebabkan kamu memiliki perut buncit, sedangkan penumpukan lemak pada paha menyebabkan kamu memiliki paha yang besar.

Bukan hanya mengganggu penampilan, keduanya juga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Lalu, mana yang lebih berbahaya antara lemak perut dan lemak paha? Jawabannya adalah lemak perut.

Lemak perut adalah penumpukan lemak yang mengelilingi organ yang berada di sekitar perut. Lemak jenis ini biasanya terdiri dari lemak visceral yang dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit pada tubuh. Meski wanita juga ada yang mengalami penumpukan lemak di perut namun kondisi ini lebih sering dialami kaum pria.

Advertisement

Penumpukan lemak pada perut yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti obesitas, gangguan jantung, hingga diabetes.

Berbeda dengan lemak perut, lemak paha lebih banyak dialami oleh wanita. Jika lemak perut terdiri dari lemak visceral, lemak paha umumnya terdiri dari lemak subkutan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengatasi penumpukan lemak, seorang wanita dapat melakukan olahraga rutin, mengatur pola makan yang sehat dan cukup istirahat. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Imperial Digital Printing, Jasa Percetakan Terlengkap di Jogja

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement