Advertisement

Cara Make Up Wajah Bagi Pemula

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 12 Juli 2022 - 14:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Make Up Wajah Bagi Pemula Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Merias wajah atau make up bisa dilakukan siapapun. Bagi seorang pemula, ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil make up flawless, salah satunya soal complexion.

Dalam dunia make up, complexion dikenal sebagai istilah yang mengacu pada tampilan riasan wajah, mulai dari hasil foundation, BB cream, cushion, powder, atau concealer.

Melansir dari Maybelline, berikut ini cara agar bisa mendapatkan hasil complexion yang flawless untuk pemula:

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

1. Persiapkan wajah terlebih dahulu

Sebelum mulai mengaplikasikan produk make up, sebaiknya membiasakan untuk mempersiapkan kulit dengan menggunakan produk skincare yang sesuai jenis kulit. Kulit wajah bersih, terhidrasi, dan lembap akan membuat produk complexion make up dapat menempel dengan baik di kulit wajah. Kulit yang lembap juga membuat produksi minyak di kulit wajah terkontrol sehingga hasil riasan jadi lebih tahan lama dan tak mudah luntur.

Awali dengan membersihkan wajah menggunakan facial wash yang lembut dan sesuai jenis kulit. Lanjutkan dengan menggunakan toner untuk membantu mengembalikan keseimbangan dan kelembapan kulit Baebellines sehabis mencuci wajah. Setelah itu, jangan lupa menggunakan pelembap dan sunscreen agar kulit tetap terhidrasi, lembap, dan terlindungi.

2. Menentukan Pilihan Foundation

Sebelum mengaplikasikan foundation, Anda perlu mempertimbangkan jenis kulit apakah berminyak, kering, atau kombinasi. Jika kulit berminyak, pilih powder foundation atau foundation cair yang berbahan dasar air. Kulit kering bisa memilih foundation yang memberi hasil akhir dewy dan glowing. Foundation untuk kulit kering biasanya memiliki kandungan yang melembapkan kulit dan memberi hasil natural sehingga make up terlihat flawless tanpa terkesan berat. Untuk kulit kombinasi, bisa menggunakan foundation yang disesuaikan dengan kondisi kulit, apakah cenderung kering atau cenderung berminyak, lalu pilih jenis foundation yang sesuai.

Selain mempertimbangkan jenis kulit, foundation untuk tahapan make up pemula juga perlu mempertimbangkan coverage yang diberikan. Umumnya foundation memberi coverage yang medium sampai tinggi. Jika ingin mendapatkan coverage yang rendah, Anda cukup menggunakan BB cream saja. Coverage medium, pilih  cushion foundation. Naik satu tingkat, ada liquid foundation yang memiliki coverage medium sampai tinggi dan menjadi pilihan paling populer.

3. Meratakan warna kulit

Fungsi utama dari foundation adalah menutupi berbagai ketidaksempurnaan di kulit wajah, salah satunya adalah dengan meratakan warna kulit. Dengan warna yang merata, kulit wajah jadi siap diisi dengan warna-warni produk make up lainnya.

Cara terbaik untuk menguji apakah warna foundation sudah cocok untuk kulit adalah mencobanya dulu di area leher atau rahang. Warna yang tepat akan menyatu dengan warna kulit dan tidak akan membuat Anda terlihat pucat atau terlihat ashy (keabu-abuan) karena pilihan warna yang tidak tepat. Jangan takut untuk mencampur dua warna berbeda untuk mendapatkan warna yang paling sesuai dengan skin tone.

Advertisement

4. Aplikasikan Concealer

Urutan makeup pemula selanjutnya untuk complexion yang flawless adalah aplikasi concealer. Setelah menggunakan foundation, Anda bisa menambahkan coverage di bagian wajah yang ada noda hitamnya atau untuk menutup kantung gelap di bawah mata agar wajah tampak lebih fresh. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan, pilihlah concealer dengan formula ringan yang tahan lama dan memiliki coverage yang pas untuk menutup noda.

Selain menutup noda, concealer juga bisa jadi highlighter. Anda bisa mengaplikasikan concealer dengan teknik terbaru agar wajah terlihat seperti tertarik ke atas, yaitu dengan membubuhkan concealer di sudut mata bagian dalam dan sudut mata bagian luar di bawah mata. Sementara jika ingin area bawah mata terlihat lebih bersinar, maka aplikasikan concealer di bawah mata dengan bentuk segitiga terbalik dan isi bagian dalamnya. Untuk aplikasinya, gunakan gerakan menepuk dengan brush khusus concealer atau spons agar hasil yang didapat lebih smooth.

5. Pemakaian Bedak

Sebagai pengunci complexion makeup, Anda bisa menggunakan bedak agar hasilnya tahan lama dan tidak bergeser seharian. Bedak tabur atau padat bisa diaplikasikan sebagai penutup tahapan make up pemula untuk complexion sekaligus menjadi cara make up natural untuk pemula.

Advertisement

Setelah mendapat hasil complexion yang flawless dengan menerapkan tips tahapan make up pemula, Anda bisa melanjutkan dengan rangkaian make up untuk pemula lainnya, seperti blush on, make up mata dan lipstik agar penampilan semakin segar dan cantik.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kesadaran Mengelola Sampah Plastik Masih Rendah, Masyarakat Perlu Diedukasi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 28 September 2022

News
| Rabu, 28 September 2022, 07:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement