Advertisement

Jangan Dibuang! Air Beras Bisa Cerahkan Kulit Secara Alami

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 13 Juli 2022 - 10:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Dibuang! Air Beras Bisa Cerahkan Kulit Secara Alami Foto Ilustrasi. - Istimewa/Shutterstock

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Air bekas cucian beras memberi manfaat yang besar untuk kulit wajah. Padahal selama ini, air yang dianggap kotor ini dibuang begitu saja. 

Air bekas cucian beras bisa membantu mencerahkan wajah. Cara paling sederhana adalah dengan menggunakannya untuk cuci muka. Beberapa orang ada yang menambahkan bahan lain untuk membuat kulit tidak hanya cerah tetapi lembut. 

Dilansir dari alodokter, air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Jadi, tidak mengherankan bila air beras banyak dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Berikut ini adalah beragam manfaat air beras untuk wajah yang perlu Anda ketahui:

1. Mencerahkan kulit

Mencuci wajah menggunakan air beras diketahui mampu mencerahkan kulit. Hal ini karena kandungan gamma-oyzanol pada air beras dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

2. Menghilangkan bintik hitam

Selain mencerahkan kulit, air beras juga bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Kandungan vitamin E dalam air beras diyakini mampu memudarkan pigmentasi pada kulit, meski efektivitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Mencegah penuaan dini

Mencuci wajah menggunakan air beras diyakini dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin E dalam air beras diketahui mampu menghambat proses penuaan dini.

4. Mengatasi jerawat

Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Selain itu, pati dalam air beras ini juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik. Meski begitu, efektivitasnya masih belum jelas dan masih dibutuhkan penelitian untuk memastikan manfaat ini.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mengaku Petugas BLT, Pencuri Gasak Perhiasan Rp105 Juta Milik Warga Minggir Sleman

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Presiden Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Panggilan KPK

News
| Senin, 26 September 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement