Advertisement

Ladies, Bawa 6 Jimat Ampuh Ini saat Traveling Sendirian

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 14 Juli 2022 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ladies, Bawa 6 Jimat Ampuh Ini saat Traveling Sendirian Ilustrasi traveling - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Perempuan yang melakukan perjalanan sendirian atau solo traveling sudah menjadi hal biasa dewasa ini. Sudah banyak perempuan yang bernyali tinggi untuk bepergian sendirian, baik itu di dalam maupun ke luar negeri. 

Kendati demikian, perempuan sebagai makhluk yang rentan terhadap aksi pelecehan perlu berhati-hati dan waspada saat melakukan solo traveling. Terlebih saat berada di kota atau negara lain. 

Demi menjaga keamanan, berikut ini enam jimat ampuh alias perlengkapan keamanan yang perlu dibawa saat perempuan melakukan solo traveling, dihimpun dari beberapa sumber:

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

1. Peluit

Saat kita berjalan sendirian di malam hari, sebaiknya kenakan peluit di bawah kemeja, saku, atau mengalungkannya di leher.

Baca juga: Girls, Ini Tips Solo Travelling untuk Anda

Peluit adalah cara mudah untuk membuat kebisingan. Barang ini juga bisa menunjukkan kepada orang lain bahwa kita sedang dalam bahaya dan butuh pertolongan orang lain.

2. Semprotan merica atau semprotan cabe 

Semprotan merica dan semprotan cabe (pepper spray) adalah zat pengikat (lachrymatory) yang membuat mata terpejam menangis. Semprotan ini berguna dalam keadaan darurat dengan menyemprotkan cairan ke mata penjahat agar terasa pedas dan panas.

Semprotan merica maupun semprotan cabe dapat menyelamatkan hidup Anda jika merasa sedang diikuti, dirampok, atau seseorang mencoba menyakiti Anda secara fisik. Ini adalah perlengkapan untuk pertahanan diri bagi kaum perempuan.

3. Cincin nikah palsu

Entah sudah menikah atau belum, mengenakan cincin nikah palsudapat membantu mengurangi potensi tindak pelecehan seksual.

Advertisement

Selain itu, cincin nikah palsu memungkinkan kita membuat alasan harus segera pergi ke suatu tempat karena suami sudah menunggu.

4. Alarm palang pintu

Saat traveling, perempuan akan tidur sendirian di penginapan. Untuk itu, Anda perlu menggunakan alarm palang pintu sehingga Jika ada yang mencoba membuka pintu saat kita berada di dalam ruangan, alarm keras akan berbunyi.

5. Senter kecil

Saat berjalan di tempat sepi dan gelap, menyalakan senter sangat membantu untuk menerangi jalan agar tidak tersasar. Saat ini, sudah ada yang menjual kombo senter dengan alarm yang dapat meningkatkan keamanan pelaku traveling.

Advertisement

6. Tas anti maling

Perempuan sebaiknya menggunakan tas anti maling yang menghadap ke depan dan memiliki tali anti potong. Akan lebih aman lagi jika memiliki tas anti maling memiliki ritsleting pengunci yang sulit dijangkau oleh pencuri.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kesadaran Mengelola Sampah Plastik Masih Rendah, Masyarakat Perlu Diedukasi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 28 September 2022

News
| Rabu, 28 September 2022, 07:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement