Advertisement

Sulit Memaafkan Orang Lain? Coba Lakukan Hal Ini

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 14 Juli 2022 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
Sulit Memaafkan Orang Lain? Coba Lakukan Hal Ini Bersalaman menjadi media memaafkan - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -Memaafkan kadangkala lebih mudah diucapkan tapi sulit dilakukan.

Ketika seseorang merasa marah dan sakit hati hingga dendam pada orang lain, maka akan sulit baginya untuk memaafkan orang tersebut.

Advertisement

Dia akan menyimpan rasa marahnya sedemikian rupa, hingga seringkali merusak dirinya sendiri.

Sebelum Anda tenggelam dalam rasa marah, ada baiknya segera memaafkan orang yang telah menyakiti Anda.

Memang tidak mudah, tapi ada beberapa langkah terbaik untuk memaafkan yang mungkin bisa melegakan hati Anda berikut ini:

1. Pikirkan saja tentang kemungkinan memaafkan. Anda mulai dengan hanya memikirkannya. Anda bertanya pada diri sendiri, "Mungkin sudah waktunya?"

2. Bayangkan seperti apa tampilan dan rasanya. Jika menurut Anda memaafkan adalah jalan yang harus ditempuh, pikirkan seperti apa jadinya jika Anda memaafkan orang yang bersalah kepada Anda.  Memikirkannya mulai menjelaskan apa yang mungkin menjadi alasan untuk menahan rasa sakit. Itu selangkah lebih dekat untuk melepaskan.

3. Tanyakan pada diri sendiri apakah ini saat yang tepat. Bagaimana Anda melupakan dan menghilangkan rasa sakit hati yang diakibatkan oleh apa yang terjadi? Apa yang menggantikan perasaan itu? Apakah Anda merasa tertekan untuk memaafkan menit ini, atau dapatkah Anda melakukannya secara bertahap? Beri diri Anda ruang untuk meluangkan waktu yang Anda butuhkan.

4. Rencanakan untuk melindungi diri Anda dari luka di masa depan. Bagaimana Anda akan melindungi diri Anda dari luka di masa depan? Itu tidak berarti Anda dapat atau harus memercayai orang tersebut untuk maju. Itu berarti Anda memercayai diri sendiri untuk terus maju—itulah hadiah untuk diri Anda sendiri. Tetapi Anda dapat merencanakan, misalnya, membatasi waktu bersama dengan orang tersebut atau merencanakan jalan keluar jika mereka mengatakan sesuatu yang menyakitkan lagi.

5. Bagaimana Anda akan mengisi ruang untuk tidak menyimpan dendam. Ada baiknya Anda memilih untuk tidak terlalu terluka dan akhirnya sembuh dengan melupakan dendam Anda.

6. Buat keputusan untuk memaafkan. Biarkan diri Anda sembuh seiring waktu. Memaafkan adalah sebuah keputusan. Kesembuhan akan mengikuti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran 2024, Dispar Bantul Tambah Petugas TPR

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement