Advertisement

Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Keriput

Intan Riskina Ichsan
Sabtu, 16 Juli 2022 - 03:47 WIB
Arief Junianto
Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Keriput Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Lidah buaya atau Aloe barbadensis adalah tanaman obat populer yang telah digunakan orang selama ribuan tahun.

Tanaman bertangkai pendek yang tebal dan mampu menyimpan air di daunnya ini terkenal untuk mengobati cedera kulit, tetapi juga memiliki beberapa kegunaan lain yang berpotensi bermanfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA: Sedang Hits di Medsos, Ini Link dan Cara Main 'Mental Age Test'

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dikenal dengan daun hijaunya yang tebal, runcing, dan berdaging, yang dapat tumbuh hingga sekitar 30–50 cm panjangnya, berikut delapan manfaat kesehatan potensial dari lidah buaya, dilansir dari Medical News Today:

1. Mengandung Senyawa Tanaman yang Sehat

Lidah buaya dapat membantu mengobati luka kulit. Industri kosmetik, farmasi, dan makanan menggunakan lidah buaya secara ekstensif. Setiap daun mengandung jaringan berlendir yang menyimpan air dan ini membuat daun menjadi tebal. Jaringan berisi air ini adalah "gel" yang mengandung sebagian besar senyawa bioaktif bermanfaat dalam tanaman, termasuk vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan.

2. Memiliki Sifat Antioksidan dan Antibakteri

Antioksidan penting untuk kesehatan. Gel lidah buaya mengandung antioksidan kuat yang termasuk dalam keluarga besar zat yang dikenal sebagai polifenol. Polifenol ini, bersama dengan beberapa senyawa lain dalam lidah buaya, membantu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Orang paling sering menggunakan lidah buaya sebagai obat topikal, mengoleskannya ke kulit daripada mengonsumsinya. Faktanya, lidah buaya memiliki sejarah panjang dalam mengobati luka terutama luka bakar, termasuk terbakar sinar matahari. Efektif untuk luka bakar tingkat pertama dan kedua.

4. Mengurangi Plak Gigi

Kerusakan gigi dan penyakit gusi adalah masalah kesehatan yang sangat umum. Salah satu cara terbaik untuk mencegah kondisi ini adalah dengan mengurangi penumpukan plak atau biofilm bakteri pada gigi. Obat kumur lidah buaya sama efektifnya dengan klorheksidin dalam mengurangi plak gigi. Lidah buaya efektif dalam membunuh bakteri penghasil plak Streptococcus mutans di mulut, serta ragi Candida albicans.

5. Membantu Mengobati Sariawan

Penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Gel lidah buaya tidak hanya mempercepat penyembuhan sariawan, tetapi juga mengurangi rasa sakitnya.

Advertisement

6. Mengurangi Sembelit

Lidah buaya juga dapat membantu mengobati sembelit. Kali ini lateksnya, bukan gel, yang memberikan manfaat. Lateks adalah residu kuning lengket yang ada tepat di bawah kulit daun. Senyawa yang bertanggung jawab atas efek ini disebut aloin atau barbaloin yang memiliki efek penyembuh.

7. Dapat Memperbaiki Kulit dan Mencegah Keriput

Ada beberapa bukti awal yang menunjukkan bahwa gel lidah buaya topikal dapat memperlambat penuaan kulit. Mengonsumsi gel lidah buaya oral meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit selama periode 90 hari. Dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan dan meningkatkan integritas kulit, yang dapat bermanfaat bagi kondisi kulit kering.

8. Menurunkan Kadar Gula Darah

Orang terkadang menggunakan lidah buaya sebagai obat diabetes, karena dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu meningkatkan manajemen gula darah. Lidah buaya dapat bermanfaat bagi penderita pradiabetes atau diabetes tipe 2 karena efeknya pada kontrol glikemik. Namun, para ilmuwan saat ini tidak merekomendasikan penggunaan lidah buaya untuk tujuan obat diabetes.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca Jogja di Hari Terakhir Bulan September 2022

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Kantor Tesla di Jerman Kebakaran selama 5 Jam

News
| Jum'at, 30 September 2022, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement