Advertisement

Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 21 Juli 2022 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Beberapa perempuan memiliki jenis kulit yang berminyak. Akibatnya, wajah mereka mudah jerawatan. 

Kondisi wajah yang berminyak membuat penampilan menjadi terganggu, terlebih saat memakai riasan atau make up. 

Dihimpun dari berbagai sumber, kulit berminyak disebabkan oleh banyak faktor. Selain karena faktor genetik, juga bisa karena faktor usia. Biasanya perempuan yang sudah menginjak usia remaja dan dewasa paling banyak mengeluhkan hal ini.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Ada pula karena jenis pori-porinya yang besar, ketidakseimbangan hormon, tidak pernah memakai pelembap, dan juga karena perubahan cuaca. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan: 

1. Rajin cuci muka

Setidaknya kamu perlu cuci muka minimal dua kali sehari, saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Hindari sabun cuci muka yang mengandung wewangian atau bahan kimia keras yang bisa merusak kulit. 

2. Pakai toner

Setelah cuci muka sebaiknya menggunakan toner atau astringent pada wajah. Toner berfungsi membersihkan kulit, mengecilkan pori, dan mengontrol minyak.

Namun ada jenis kulit yang anti dengan cairan toner. Untuk itu, penting melakukan tes produk sebelum mengaplikasikan ke wajah.

3. Pakai pelembap

Ada anggapan salah selama ini yakni menggunakan pelembap bagi orang dengan wajah berminyak hanya akan menambah kilang minyak di wajah. Padahal, sebenarnya orang dengan tipe kulit ini juga bisa mengalami kulit kering dan dehidrasi.

Advertisement

Maka perlu memilih pelembap yang mengandung asam hialuronat atau lemon yang memiliki sifat anti astringent dan anti bakteri. 

4. Hindari menyentuh wajah

Memiliki kulit yang berminyak membuat Anda jauh lebih rentan berjerawat dibanding orang dengan kulit kering. Pasalnya, sebum yang berlebih akan menyumbat pori-pori yang merupakan cikal-bakal jerawat.

Untuk mencegah kemunculan jerawat di kulit, sebaiknya hindari kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan. Meskipun kelihatannya bersih, ada banyak sekali kuman tak terlihat yang bersarang di tangan.

Advertisement

5. Pakai kertas minyak

Kertas minyak membantu menghilangkan kelebihan minyak di wajah dengan cara menyerapnya. Anda tinggal menekan kertas dengan lembut ke wajah dan biarkan selama beberapa detik. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Jumat 30 September 2022, Tiket Rp8.000

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement