Advertisement

Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 21 Juli 2022 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Beberapa perempuan memiliki jenis kulit yang berminyak. Akibatnya, wajah mereka mudah jerawatan. 

Kondisi wajah yang berminyak membuat penampilan menjadi terganggu, terlebih saat memakai riasan atau make up. 

Advertisement

Dihimpun dari berbagai sumber, kulit berminyak disebabkan oleh banyak faktor. Selain karena faktor genetik, juga bisa karena faktor usia. Biasanya perempuan yang sudah menginjak usia remaja dan dewasa paling banyak mengeluhkan hal ini.

Ada pula karena jenis pori-porinya yang besar, ketidakseimbangan hormon, tidak pernah memakai pelembap, dan juga karena perubahan cuaca. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan: 

1. Rajin cuci muka

Setidaknya kamu perlu cuci muka minimal dua kali sehari, saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Hindari sabun cuci muka yang mengandung wewangian atau bahan kimia keras yang bisa merusak kulit. 

2. Pakai toner

Setelah cuci muka sebaiknya menggunakan toner atau astringent pada wajah. Toner berfungsi membersihkan kulit, mengecilkan pori, dan mengontrol minyak.

Namun ada jenis kulit yang anti dengan cairan toner. Untuk itu, penting melakukan tes produk sebelum mengaplikasikan ke wajah.

3. Pakai pelembap

Ada anggapan salah selama ini yakni menggunakan pelembap bagi orang dengan wajah berminyak hanya akan menambah kilang minyak di wajah. Padahal, sebenarnya orang dengan tipe kulit ini juga bisa mengalami kulit kering dan dehidrasi.

Maka perlu memilih pelembap yang mengandung asam hialuronat atau lemon yang memiliki sifat anti astringent dan anti bakteri. 

4. Hindari menyentuh wajah

Memiliki kulit yang berminyak membuat Anda jauh lebih rentan berjerawat dibanding orang dengan kulit kering. Pasalnya, sebum yang berlebih akan menyumbat pori-pori yang merupakan cikal-bakal jerawat.

Untuk mencegah kemunculan jerawat di kulit, sebaiknya hindari kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan. Meskipun kelihatannya bersih, ada banyak sekali kuman tak terlihat yang bersarang di tangan.

5. Pakai kertas minyak

Kertas minyak membantu menghilangkan kelebihan minyak di wajah dengan cara menyerapnya. Anda tinggal menekan kertas dengan lembut ke wajah dan biarkan selama beberapa detik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dishub DIY Buat Skema Jalur Utama dan Alternatif Masuk DIY Saat Mudik Lebaran 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement