Advertisement

Bahaya Karang Gigi bagi Wanita Hamil

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 21 Juli 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bahaya Karang Gigi bagi Wanita Hamil Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Wanita yang sedang hamil harus memperhatikan kesehatan gigi, terlebih jika memiliki karang gigi. Meski sepele, karang gigi yang tidak dibersihkan bisa membahayakan janin.

Dilansir dari berbagai sumber, efek terburuk karang gigi adalah kelahiran bayi prematur hingga keguguran. Keguguran terjadi saat usia kehamilan memasuki trimester pertama, sementara di atas trimester pertama bisa terjadi kelahiran prematur.

Karang gigi adalah tanda gigi tidak sehat. Kondisi ini bisa disebabkan karena sisa makanan yang tidak dibersihkan. Bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut ini bisa merusak gigi dan masuk ke pembuluh darah sehingga memicu kerusakan pembentukan gigi dan gusi janin.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk merontokan dan menghilangkan karang gigi yang sudah menebal dan membandel. Berikut daftar lengkapnya, dilansir dari tanyapepsodent.com:

1. Konsumsi Sayur dan Buah

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merontokan karang gigi adalah dengan memperbanyak makan buah dan sayuran. Ini karena buah dan sayuran membantu meningkatkan produksi air liur. Sementara air liur sendiri berfungsi untuk membilas kotoran, sisa-sisa makanan, hingga bakteri di dalam mulut.

2. Gunakan Baking Soda

Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue lebih efektif mengurangi jumlah plak. Tidak hanya efektif, cara merontokan karang gigi satu ini juga diklaim aman untuk dicoba.

3. Kumur dengan Minyak Kelapa

Bila kamu punya stok minyak kelapa murni di rumah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara merontokan sekaligus menghilangkan karang gigi. Ini karena minyak kelapa mengandung antioksidan dan asam laurat yang dapat membantu membasmi bakteri jahat di dalam mulut. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu cukup berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa selama 5-10 menit.

4. Flossing Gigi

Plak yang masih tipis juga dapat dihilangkan dengan membersihkan gigi menggunakan benang, alias flossing. Bersihkanlah gigimu menggunakan benang gigi setiap selesai menggosok gigi. Benang gigi membantu merontokkan plak dan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi, yang sulit dijangkau dengan sikat biasa.

5. Scaling di Dokter Gigi

Bila karang gigi sudah terlanjur menebal dan menumpuk, maka tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk menghilangkannya selain pergi ke dokter gigi. Dokter gigi akan menggunakan alat khusus bernama ultrasonic scaler untuk merontokan karang yang ada di sela-sela gigi maupun bagian garis gusi. Lamanya proses pembersihan karang menggunakan ultrasonic scaler ini pun bervariasi, tergantung tingkat keparahan karang yang terbentuk. Semakin tebal dan keras karang, maka proses pembersihannya juga akan memakan waktu.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mengaku Petugas BLT, Pencuri Gasak Perhiasan Rp105 Juta Milik Warga Minggir Sleman

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tuduh Jokowi Bakal Penjarakan Anies, Begini Klarifikasi Andi Arief

News
| Senin, 26 September 2022, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement