Advertisement

Citayam Fashion Week: Representasi Kaum Muda Kelas Menengah ke Bawah

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 22 Juli 2022 - 10:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Citayam Fashion Week: Representasi Kaum Muda Kelas Menengah ke Bawah Anak-anak muda berjalan di Jalan Sudirman Jakarta dalam ajang Citayam Fashion Week. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Belakangan ini muncul komunitas anak muda yang berasal dari Depok, Citayam dan Bojong Gede membanjiri jalanan di kawasan bisnis dan perkantoran di Jalan Sudirman, Jakarta. Mereka memunculkan fenomena baru di tempat itu, sebagai area publik untuk unjuk ekspresi yang dinamakan Citayam Fashion Week.

Sebagai bagian dari kegiatan fashion jalanan, apakah kemunculan Citayam Fashion Week ini bisa dikatakan ekspresi anak muda atau fenomena budaya musiman?

Sosiolog UGM Derajat Sulistyo Widhyarto, S.Sos., M.Si., mengatakan kemunculan Citayam Fashion Week merupakan bagian pembentukan budaya baru yang dilakukan oleh anak muda sehingga perlu diapresiasi. “Salah satu karakter kaum muda adalah pencipta budaya dan kebudayaan youth culture. Fenomena Citayam mempunyai efek budaya dari kebudayaan tersebut,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (21/7/2022). 

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Kemunculan mereka yang menggunakan area publik di pusat kota sebagai lokasi unjuk ekspresi serta memilih gaya busana sebagai pilihan budaya baru sangat brilian karena gaya busana bagian dari budaya yang bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.”Ruang kota menawarkan tantangan baru yakni kesempatan untuk mendorong pembentukan budaya mengikuti budaya yg bisa diterima adalah fashion,” jelasnya.

Baca juga: Anies Baswedan Komentari Fenomena Anak Gaul SCBD

Para anak muda yang melakukan peragaan busana di jalanan ibu kota ini umumnya berasal dari kota-kota penyangga Jakarta. Bahkan mereka juga berasal dari keluarga kelas menengah ke bawah seakan menunjukkan bahwa apa yang mereka lakukan melawan arus fenomena budaya konsumerisme dan pamer kemewahan yang ditunjukkan para pegiat medsos dan influencer.

”Mereka memang kalah bertarung dengan kaum muda menengah ke atas yang sudah masuk ruang bisnis kota. Maka Citayam adalah representasi kaum muda menengah ke bawah dan menjadi bagian dari eksistensi baru mereka dalam mengisi ruang kota dan sekaligus pembentuk budaya muda kota,” ujarnya.

Baca juga: Pemkot Jogja Dorong Koperasi Konvensional Beralih ke Modern

Meski begitu, kaum muda ini menurut Derajat Sulistyo juga menggunakan media digital untuk memperkuat gaung ruang ekspresi budaya baru mereka. “Kaum muda di sekitar jakarta paham betul jika jakarta adalah ruang yg bisa mewakili daya tarik dan meningkatkan audiens. Maka mereka dengan sadar menjadi jakarta sebagai ruang penciptaan budaya,” paparnya.

Advertisement

Namun ada hal yang disoroti oleh Derajat adalah cara gaya busana yang digunakan para komunitas Citayam ini yang memilih menggunakan baju pinjaman atau membeli dengan harga murah. Berbeda dengan yang dilakukan oleh kaum muda perkotaan. “Menggunakan baju pinjaman sampai dengan membeli dengan harga murah, hal inilah yg membentuk kritik konsumsi fashion kaum muda kota yang terjebak memakai baju produk industri,” katanya.

Tidak hanya anak-anak muda yang suka nongkrong di kawasan itu, Citayam Fashion Week juga dimeriahkan sejumlah tokoh negeri. Satu di antaranya adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Ridwan Kamil tampil dengan setelan jas casual berwarna beige, dalaman kaus putih dan juga sneaker senada. Tidak lupa ia memakai topi pie hat berwarna putih dan menenteng ransel kulit berwarna cokelat. Dia kemudian berjalan ala model bersama dengan beberapa driver ojol di Dukuh Atas.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Jogja
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement