Advertisement

5 Tips Aman di Tanggal Tua untuk Kaum Wanita

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 27 Juli 2022 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Tips Aman di Tanggal Tua untuk Kaum Wanita Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Wanita yang tak cukup bijak mengatur keuangan keluarga, biasanya akan kebingungan saat tanggal tua seperti ini. Tanggal muda masih beberapa hari lagi tetapi uang di dompet sudah menipis.

Kondisi itu bisa dialami siapa saja, tidak terkecuali para wanita yang belum menikah. Ada yang langsung hura-hura setelah menerima gaji, tetapi giliran akhir bulan harus hidup merana lantaran gajinya habis.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Untuk itu, penting bagi seorang wanita bisa cermat dalam mengatur keuangan terlebih bagi mereka yang telah berkeluarga. Mereka tidak hanya bertanggung jawab pada diri sendiri tetapi juga kepada suami dan juga anak-anak.

Baca juga: Tips Atasi Susah Mengatur Keuangan

Berikut ini tips mengatur keuangan agar tetap aman hingga tanggal tua, dilansir dari Avrist:

1. Sisihkan uang

Sisihkan uang setiap hari, besarannya bebas. Mau Rp5.000 atau Rp10.000. Simpan di amplop, dompet, celengan, atau mungkin botol. Upayakan lakukan hal ini setiap hari. Saat menjelang akhir bulan, berapa pun jumlah uang yang terkumpul, akan membantu Anda bertahan sambil menunggu gajian. Namun jika akhir bulan keuangan masih aman, biarkan saja uang tabungan ini, jangan diutak-atik. Siapa tahu bisa menjadi penyelamat di bukan berikutnya.

2. Irit

Strategi irit berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Misalnya, kurang-kurangi belanja online barang yang tak diperlukan atau membiasakan membawa bekal setiap hari agar pengeluaran untuk jajan bisa dikurangi. Sisihkan uang yang bisa Anda hemat sebagai dana darurat, yakni tabungan khusus untuk kebutuhan mendesak.

3. Buka “keran” lain

Jangan hanya mengandalkan gaji. Jajaki pekerjaan atau bisnis sampingan selain pekerjaan utama. Dengan demikian, jika yang satu tak mengalir deras, masih ada keran lainnya yang mengucur. Banyak celah yang bisa dimanfaatkan. Misalnya, berbisnis online.

Advertisement

4. Hindari utang

Jangan sampai berutang dalam kondisi terdesak. Karena berutang akan menambah beban keuangan Anda di kemudian hari. Bagaimana mengantisipasinya? Anda sudah mulai harus berpikir untuk berinvestasi yang bisa Anda cairkan sewaktu-waktu saat membutuhkannya.

5. Jual barang bekas

Pilih pakaian, sepatu atau tas yang masih masih layak pakai, kemudian jual di bazaar. Hasil penjualannya bisa Anda jadikan penolong di akhir bulan. Anda bisa jual sendiri dengan menyewa booth atau dititipkan di secondhand store yang mulai banyak bermunculan. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perhatian, Ini Rencana Pengalihan Lalu Lintas dari Maguwo ke UIN Saat Pernikahan Kaesang-Erina Sabtu Besok

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sukabumi Diguncang Gempa 5,8 M, Tiga Rumah Dilaporkan Rusak

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 18:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement