Advertisement

Gemas karena Rambut Tak Kunjung Panjang? Lakukan 7 Tips Ini!

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 28 Juli 2022 - 16:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gemas karena Rambut Tak Kunjung Panjang? Lakukan 7 Tips Ini! Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Wanita banyak yang mendambakan rambut panjang. Sayangnya tidak semuanya dianugerahi pertumbuhan rambut yang cepat.

Ada yang merasa pertumbuhan rambutnya cepat sehingga harus sering potong rambut, tetapi ada pula yang merasa rambutnya tak cepat panjang. Secara alamiah, rambut memang hanya tumbuh sekitar 2 cm setiap 30 hari. Hal ini tak jarang membuat wanita frustrasi dan tak sabar, karena sudah ingin memiliki rambut panjang dengan segera.

Jika kamu termasuk wanita yang pertumbuhan rambutnya lamban, jangan khawatir. Ada beberapa cara memanjangkan rambut yang bisa dilakukan secara alami.

Baca juga: Tips Umur Panjang hingga Ratusan Tahun Ada di Warga Miduana

Berikut cara memanjangkan rambut secara alami, dilansir dari TRESemmé:

1. Diet Sehat dan Seimbang

Salah satu cara mudah untuk memanjangkan rambut memang adalah dengan melakukan diet sehat dan seimbang. Sebab, untuk dapat tumbuh, rambut juga membutuhkan nutrisi yang berasal dari sayuran, biji-bijian, ikan, hingga daging. Hal ini karena pada dasarnya rambut berasal dari protein, sehingga ia juga membutuhkan protein cukup agar bisa cepat berkembang. Asupan protein dari makanan sehat yang Kamu konsumsi bisa menutrisi dan merevitalisasi setiap helai rambutmu.

2. Potong Rambut Secara Teratur

Salah satu cara menumbuhkan rambut dengan cepat adalah dengan memotong bagian ujung rambut secara teratur. Tak perlu khawatir hal ini akan membuat rambutmu terus pendek, karena memotong ujung rambut merupakan cara yang memang perlu dilakukan, khususnya bagi Kamu yang memiliki masalah rambut bercabang. Perlu diketahui, ujung rambut yang bercabang dapat menghambat pertumbuhan rambut serta membuat helainya menjadi tipis. Untuk itu, memotong ujung rambut yang rusak secara teratur dapat menjadi salah satu cara memanjangkan rambut.

3. Gunakan Kondisioner

Jika sampo berfungsi untuk membersihkan rambut, maka lengkapilah penggunaannya dengan kondisioner. Kondisioner membantu mengembalikan minyak alami dan protein yang hilang pada helaian rambut. Tidak hanya itu, kondisioner juga dapat merapikan kulikula rambut yang kasar dan kusam. Hasilnya, rambut akan lebih elastis dan membuatmu terhindar dari kerontokan. Masalah menghindari rambut rontok ini tentu sangat penting diperhatikan jika Kamu ingin segera mendapatkan rambut panjang.

4. Stop Membungkus Rambut Basah dengan Handuk

Setelah keramas, banyak wanita terbiasa membungkus rambutnya dengan handuk. Padahal, hal itu bisa menyebabkan helaian tipis rambut tersangkut pada serat-serat benang handuk. Rambut yang tersangkut dapat menyebabkan rambutmu kusut dan lebih mudah rontok. Jika diteruskan, tentu saja rambutmu akan semakin sulit panjang.

5. Jangan Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Rambut yang basah cenderung lebih rapuh dan rentan rusak saat disisir. Maka, gunakan sisir bergigi jarang atau cukup dengan jari-jari tangan jika ingin menyisir rambut yang masih berada dalam kondisi basah. Perlu diketahui, menyisir rambut sangatlah penting untuk pertumbuhan rambut karena dapat menstimulasi kulit kepala melepaskan minyak alami dan menyebarkannya ke setiap helai rambut. Biasakan rutin menyisir rambut dalam keadaan kering setidaknya dua kali sehari untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Advertisement

6. Jangan Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Memijat kulit kepala dengan menggunakan minyak esensial dapat menjadi salah satu cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Ada beragam jenis minyak esensial yang bermanfaat untuk kulit kepala dan rambut. Beberapa di antaranya seperti minyak jojoba,argan oil, dan minyak zaitun. Jenis-jenis minyak esensial tersebut memberikan manfaat menenangkan dan menyegarkan, sehingga bisa memelihara kulit kepala dan memperlancar peredaran darah. Sebagai hasilnya, rambutmu pun juga bisa tumbuh lebih cepat dan mudah.

7. Hindari Stres dan Bersabar

Semua cara cepat memanjangkan rambut yang Kamu lakukan tidak akan berdampak maksimal apabila tingkat stres yang Kamu miliki masih sangat tinggi. Stres dapat menyebabkan aliran darah terhambat, sehingga memicu kerontokan rambut dan mengubah rambut menjadi kusam. Jika Kamu ingin memanjangkan rambut, usahakan menjaga tubuh dan pikiran tetap rileks. Lakukan aktivitas-aktivitas yang bisa membantumu merasa tenang, misalnya olahraga dan istirahat cukup.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Jadwal Donor Darah Jumat 12 Agustus 2022, Ini Lokasinya...

Jogja
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 10:07 WIB

Advertisement

alt

KPK Amankan 23 Orang dalam OTT Bupati Pemalang

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement