Advertisement

8 Hal yang dapat Diwariskan Ayah pada Anaknya, Tinggi Badan Salah Satunya

Widya Islamiati
Senin, 08 Agustus 2022 - 15:27 WIB
Bhekti Suryani
8 Hal yang dapat Diwariskan Ayah pada Anaknya, Tinggi Badan Salah Satunya Ayah dan anak - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Selama ini kita selalu meyakini bahwa anak akan terlahir cerdas jika memiliki orang tua yang cerdas, atau anak akan memiliki hidung mancung jika orang tuanya memiliki fisik yang demikian.

Faktanya, pembagian hal-hal berbeda yang didapatkan oleh anak dari ibunya, lalu hal lain didapatkan anak dari ayahnya.

Penelitian sudah mengungkapkan bahwa ibu mewariskan kecerdasan pada anaknya. Lantas apa yang diwariskan ayah pada anaknya?

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dilansir dari parenting-firstcry dan familyeducation ada beberapa hal yang diwariskan oleh ayah kepada anaknya. Simak penjelasannya!

1. Warna Mata Anak

Hal-hal yang dapat diwariskan oleh ayah kepada anaknya salah satunya adalah warna mata. Serorang anak akan memiliki warna mata ayahnya jika warna mata ayahnya berwarna dominan dibanding ibunya. Gen dominan dan resesif mempengaruhi penentuan warna mata anak, warna gelap merupakan dominan dan terang bersifat resesif.

2. Lesung Pipi

Memiliki anak yang punyai lesung pipi umumnya diinginkan oleh para ibu, dan ternyata ini bisa disiasati dari sejak menentukan calon ayah untuk anak tersebut atau suami dari ibu tersebut. Karena, lesung pipi merupakan salah satu sifat dominan dan dapat diwarisi oleh anak dari ayahnya.

3. Masalah Kesehatan Mental

Masalah Kesehatan mental dapat diwarisi seorang anak dari ayahnya. Meskipun penelitian menunjukan hal ini kurang kuat. Gangguan jiwa bisa memiliki keterkaitan genetik walauoun hanya sekitar 10-20% dari factor-faktor lain yang dapat mempengaruhi Kesehatan mental anak.

4. Sidik Jari

Seluruh manusia yang ada di bumi, memiliki sidik jari yang berbeda. Dan pola sidik jadi anak dapat dipengaruhi oleh ayahnya. Meskipun demikian, bukan berarti ayah dan anak akan mempunyai sidik jari yang sama.

5. Struktur Gigi

Salah satu ciri-ciri fisik yang dapat didapat anak dari ayahnya adalah struktur gigi. Tidak heran jika menemukan ayah dan anak yang memakai behel atau kawat gigi. Hal itu disebabkan karena adanya gen yang menentukan celah yang muncul antara satu gigi dengan gigi yang lain. Maka, jika ayahnya memiliki jarak gigi renggang, ada kemungkinan yang cukup besar anaknya pun akan memiliki struktur gigi yang sama.

Advertisement

6. Tinggi Badan

Pernah menemukan keluarga dengan ayah yang cukup tinggi dan ibu yang memiliki tinggi biasa saja, namun anak-anaknya bertinggi badan seperti ayahnya? Ini tidak mengherankan, karena tinggi badan merupakan salah satu sifat genetik yang dapat diwariskan ayah.

7. Infertilitas

Seorang anak laki-laki yang memiliki ayah dengan masalah kesuburan, umumnya akan mengalami hal yang sama. Penelitian menyebutkan bahwa infertilitas merupakan salah satu sifat genetik yang dapat diwarisi anak laki-laki dari ayahnya.

8. Permasalahan Jantung

Seorang anak yang memiliki ayah dengan Riwayat jantung coroner akan mempunyai risiko lebih tinggi mengidap penyakit yang sama. Susunan genetik unik dari seorang ayah yang memiliki gen tersebut menjadi penyebab utamanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Menteri ATR/BTN: Kalau Masih Ada Mafia Tanah Kita Gebuk Bersama-sama

Jogja
| Senin, 26 September 2022, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Meghan Markle Mengeluh Tak Digaji saat Jalani Tur Kerajaan

News
| Senin, 26 September 2022, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement