Advertisement

5 Bahan Alami yang Bikin Ketiak Mulus tanpa Bulu

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 09 Agustus 2022 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Bahan Alami yang Bikin Ketiak Mulus tanpa Bulu Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Ada wanita yang tidak nyaman dengan bulu lebat di ketiaknya. Meski sebenarnya wajar terjadi, mereka rela melakukan perawatan mahal untuk menghilangkan bulu-bulu yang tumbuh lebat di ketiaknya itu. 

Adanya bulu ketiak terkadang dianggap mengganggu penampilan, terlebih bagi para artis yang kerap tampil menggunakan pakaian tanpa lengan di atas panggung. Mereka rela merogoh kocek dalam untuk membuat ketiaknya putih dan mulus agar tetap percaya diri saat mengangkat kedua tangannya. 

Dilansir dari Rexona, sebenarnya ada beberapa cara alami yang bisa menghilangkan bulu ketiak. Berikut ini paparannya:

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

1. Kapur Sirih

Kapur sirih adalah salah satu bahan alami yang bisa melenyapkan bulu ketiak secara permanen, sebab mengandung kavinol, karvakrol, kadinen, dan zat samak. Kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan dan perawatan kulit sehat.

Baca juga: 7 Tips Sederhana agar Rambut Tidak Lepek

Selain untuk menghilangkan bulu ketiak, kavinol, karvakol, kadinen, dan zat samak bisa membuat permukaan kulit ketiak menjadi lebih cerah. Kamu bisa menggunakan kapur sirih sebagai adonan seperti pasta dengan membuat campuran satu sendok kapur sirih bersama air lemon. Setelah itu, oleskan pasta tadi ke area ketiak yang telah dibersihkan dan diamkan selama 30 menit. Apabila telah mengering, cuci dengan air hangat.

2. Lemon dan Mentimun

Campuran lemon dan mentimun sudah diketahui sejak lama bisa menghilangkan bulu ketiak. Cara menggunakannya adalah dengan memarut dengan halus mentimun, lalu potong satu buah lemon dan peras. Campurkan air lemon tadi dengan parutan mentimun dan aduk hingga merata. Oleskan ketiak dengan campuran tadi dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air hangat.

3. Lidah Buaya

Tanaman ini memang dikenal memiliki segudang manfaat untuk kecantikan karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Ternyata, lidah buaya juga memiliki fungsi sebagai penghilang bulu ketiak. Kamu tinggal mengoleskan gel lidah buaya di ketiak setiap malam, lalu diamkan selama 30 menit. Lakukan hal yang sama setiap malam, maka bulu ketiak bisa hilang.

4. Madu, Gula dan Lemon

Paduan lemon, gula dan madu bisa menjadi senjata ampuh menghilangkan bulu-bulu di permukaan kulit ketiak. Butiran-butiran gula pasir berfungsi sebagai scrub yang dapat membersihkan kulit ketiak dari kotoran-kotoran yang menempel. Madu sendiri memiliki sifat sebagai antibakteri yang membasmi bermacam bakteri di area sekitar ketiak.

Advertisement

Cara menggunakan tiga bahan ini adalah dengan mencampurkan satu sendok makan gula pasir, satu sendok makan air perasan lemon, dan satu sendok makan madu, lalu aduk hingga merata. Campuran ini lalu dioleskan di area ketiak sampai merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, kamu bisa mengelapnya dengan kain hangat dengan gerakan melawan arah pertumbuhan bulu ketiak.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis terkenal memiliki kandungan vitamin c yang kaya sehingga berfungsi mencerahkan permukaan kulit ketiak. Kandungan lain yang ada pada jeruk nipis juga bisa merontokkan bulu ketiak. Cara menghilangkan bulu ketiak dengan jeruk nipis juga cukup mudah.

Pilih jeruk nipis yang bagus, lalu potong buah menjadi dua bagian. Pakai potongan satu jeruk nipis dengan menggosokkannya ke permukaan ketiak sampai merata. Gunakan potongan kedua jeruk nipis ke permukaan ketiak lainnya. Selain berfungsi sebagai penghilang bulu ketiak, kamu bisa menggunakan jeruk nipis sebagai pengganti deodoran setiap harinya.

Advertisement

Dalam upaya kamu untuk menghilangkan bulu ketiak, kamu juga harus memperhatikan kesehatan kulit ketiak agar tidak mudah iritasi atau mengalami hal-hal yang tidak kamu inginkan. Untuk itu, jangan sampai kamu salah menggunakan deodoran.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Jumat 30 September 2022, Tiket Rp8.000

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement