Advertisement

6 Tips Mudah Memudarkan Flek Hitam di Wajah

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 15 Agustus 2022 - 09:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
6 Tips Mudah Memudarkan Flek Hitam di Wajah Flek hitam pada wajah

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA - Bintik-bintik gelap atau hiperpigmentasi terjadi karena paparan sinar matahari atau juga karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Flek hitam bisa dicegah dan bisa disamarkan dengan cara cepat, tanpa menimbulkan efek samping lainnya. Namun, sebelum mengatasi bintik hitam, maka diagnosis sangat penting.

Dilansir dari Olay, hiperpigmentasi terjadi pada kulit yang memproduksi lebih banyak melanin (pigmen pemberi warna kulit). Nah, karena produksinya berlebih, akhirnya menyebabkan munculnya bercak gelap di beberapa area kulit.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Noda hitam wajah ini sebenarnya merupakan kondisi kulit yang umum, penyebabnya bisa karena usia, genetik, dan yang paling sering adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Bukan cuma di wajah saja, noda hitam wajah ini juga sangat mungkin muncul di area kulit lengan, pundak, bahkan kaki.

Noda hitam wajah mungkin saja memudar seiring berkurangnya aktivitas kamu yang terpapar sinar matahari. Namun tak berarti bisa hilang sama sekali.

Baca juga: Solusi untuk Flek Hitam di Usia 40-an dari Elsheskin Clinic

Dilansir dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com, berikut ini cara untuk memudarkan flek hitam di wajah:

1. Gunakan Tabir Surya

Bintik-bintik gelap akan terus menjadi gelap bahkan dengan sedikit paparan sinar matahari setiap hari. Oleh karena itu setidaknya untuk mencegahnya menjadi gelap, menggunakan tabir surya akan menjadi keharusan. Anda juga dapat menggunakan pelindung matahari tambahan seperti topi bertepi lebar atau payung.

2. Pengelupasan

Pengelupasan adalah cara yang bagus untuk mengungkapkan kulit baru dan merata di bawah lapisan atas sel kulit mati. Namun, hati-hati dengan pengelupasan fisik terutama jika Anda memiliki pigmentasi. Itu bisa memperburuk pigmentasi.

Advertisement

Pengelupasan kimia di sisi lain akan bekerja untuk mengangkat sel-sel mati dan juga menghilangkan lapisan berat melanin di atas pigmentasi untuk mengungkapkan warna kulit yang lebih merata. Asam glikolat, asam Azelat, asam laktat, dan retinol adalah bahan pengelupas kimia yang sangat baik dan tersedia dalam berbagai kekuatan, kombinasi, dan formulasi. Bicaralah dengan dokter kulit Anda untuk mengetahui mana yang paling cocok untuk kulit Anda.

3. Krim dan serum depigmentasi

Banyak agen depigmentasi hebat tersedia dalam bentuk krim dan serum. Ini memecah pigmen dan mencegah lebih banyak pembentukan melanin. Krim mengandung Arbutin, asam Kojic, ekstrak licorice dan Niacinamide memecah pigmentasi selain juga memiliki tindakan tambahan individu yang berbeda.

4. Vitamin C

Terutama sebagai antioksidan, membantu mengurangi sintesis melanin yang berlebihan dengan membatasi kerusakan yang berkurang secara gratis, secara real time, ketika diterapkan pada kulit. Penggunaan vitamin C topikal dalam waktu lama dapat membantu memudarkan bintik hitam. Oral vitamin C adalah cara lain untuk mencerahkan kulit dan bintik hitam.

Advertisement

5. Glutathione

Antioksidan kuat lainnya bila dikonsumsi secara oral mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada kulit dan karenanya memudarkan bintik hitam.

6. Perawatan profesional

Terutama perawatan Q-switched Laser adalah cara terbaik, teraman dan tercepat untuk memudarkan bintik hitam. Laser adalah teknologi paling canggih yang tersedia saat ini yang dapat memecah pigmentasi sepenuhnya tanpa merusak kulit di sekitarnya atau di atasnya. Ini juga bebas dari efek samping apa pun jika dilakukan oleh dokter kulit yang berkualifikasi menggunakan mesin yang disetujui FDA AS.

Ini dapat memudarkan bintik-bintik dengan cepat dan masuk dalam metorde perawatan yang efisien dan canggih. Pengelupasan kimia juga dapat membantu mengurangi bintik hitam.

Di sisi lain, satu atau lebih perawatan mungkin diperlukan untuk memudarkan setiap atau berbagai jenis pigmentasi. Oleh karena itu, untuk mengidentifikasi dan mendiagnosis jenis pigmentasi yang tepat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda dan juga mendiskusikan rencana perawatan individual terbaik.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

DIY Peroleh Hadiah Rp10 Miliar, Digunakan untuk Pemulihan Ekonomi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement