Advertisement

13 Langkah Cepat Mendapat Momongan

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 16 Agustus 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
13 Langkah Cepat Mendapat Momongan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Beberapa pasangan suami istri menginginkan cepat memiliki momongan setelah mereka resmi menikah, meski ada juga yang memutuskan untuk menunda. 

Bagi pasangan yang segera ingin mendapatkan buah hati, ada cara cepat hamil yang bisa dicoba.

Advertisement

Dilansir dari Prenagen, berikut ini 13 caranya:

1. Ketahui Masa Subur

Ibu dan pasangan harus mengetahui waktu yang paling pas untuk melakukan hubungan intim agar cepat hamil. Cara berhubungan agar cepat hamil dilakukan ketika wanita sedang mengalami masa subur. Ibu dapat menentukan tanggal untuk berhubungan intim dengan cara, menyesuaikan masa subur dan masa ovulasi yang umumnya terjadi 16 hari setelah haid pertama atau rentang 14 hari sebelum haid berikutnya.

2. Berhubungan Intim Secara Teratur

Cara cepat hamil selanjutnya adalah dengan melakukan hubungan intim secara teratur tanpa menggunakan kondom. Untuk mendapatkan keturunan dengan cepat memang perlu melakukan hubungan intim di masa subur. Namun, berhubungan intim secara teratur juga dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Pastikan frekuensi berhubungan intim tepat, tidak terlalu sering dan tidak terlalu jarang.

3. Memperhatikan Posisi saat Berhubungan Intim

Jika sudah mengetahui masa subur, tips biar cepat hamil untuk pengantin baru selanjutnya adalah memilih posisi senggama atau berhubungan intim yang mampu mendorong pembuahan jadi lebih cepat sekaligus efektif. Beberapa posisi tersebut yaitu posisi missionary, posisi doggy style, dan posisi misionaris dengan mengangkat kaki. Komunikasikan dengan pasangan mengenai hal ini agar hubungan seks menjadi rutinitas yang menyenangkan.

4. Berbaring Selama Beberapa Menit Setelah Berhubungan

Setelah berhubungan, istri dianjurkan untuk tetap berbaring selama beberapa saat supaya memperbesar peluang untuk cepat hamil. Maka dari itu, sebaiknya ibu buang air kecil terlebih dahulu sebelum berhubungan supaya tidak tergesa-gesa ingin pergi ke kamar mandi setelah bercinta. Selain itu, buang air kecil sebelum berhubungan juga memperkecil risiko ISK atau Infeksi Saluran Kencing.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Pasangan suami istri dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi serta vitamin yang baik untuk membantu terjadinya proses kehamilan. Terdapat beberapa bahan makanan yang baik untuk menjaga kesuburan rahim, contohnya kecambah, ayam, alpukat, dan susu persiapan kehamilan. Di samping itu, bahan makanan seperti telur, ikan, dan daging dapat meningkatkan kualitas sperma. Jangan ragu untuk mengonsumsi vitamin prenatal serta susu penunjang kehamilan agar cepat hamil.

6. Mengurangi Makanan Olahan dan Lemak Trans

Mengonsumsi karbohidrat dan lemak tentu sangat baik bagi kesehatan dan kesuburan. Namun tidak dengan karbohidrat olahan dan lemak trans. Perlu ibu ketahui bahwa karbohidrat yang terdapat pada makanan olahan mengandung indeks glikemik yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan kadar gula serta insulin pada tubuh. Kabar buruknya, peningkatan insulin dapat menyebabkan tubuh menghasilkan hormon reproduksi dalam jumlah yang sedikit. Begitu juga dengan lemak trans yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga berpengaruh pada hormon kesuburan. Oleh karena itu, cara cepat hamil dilakukan dengan mengurangi berbagai makanan tidak sehat yang mengandung karbohidrat olahan dan lemak trans.

7. Konsumsi Serat

Serat memiliki fungsi untuk membantu tubuh dalam membuang serta menghilangkan kelebihan hormon. Serat juga dapat menjaga keseimbangan gula darah. Terdapat juga jenis serat tertentu yang mengurangi kelebihan estrogen dan mengeluarkannya dari usus. Selain itu, serat juga dapat membantu meningkatkan kesuburan pada wanita. Dalam sehari, ibu direkomendasikan untuk mengonsumsi serat sebanyak 25 gram sehari. Ibu dapat memperoleh serat dari berbagai makanan dan buah seperti alpukat, ubi, gandum, serta kacang-kacangan.

8. Rutin Berolahraga

Melakukan olahraga memang hal yang baik bagi tubuh seseorang. Akan tetapi, jika terlalu sering berolahraga maka akan mempengaruhi kesuburan, begitupun jika malas berolahraga. Ada baiknya lakukan olahraga ringan sebanyak tiga kali seminggu selama 30 menit. Salah satu jenis olahraga ringan yang dianjurkan yakni jogging di pagi hari.

9. Menjaga Berat Badan

Umumnya, memiliki bobot tubuh yang terlalu kurus dapat menghambat kesuburan, akan tetapi kelebihan berat badan juga tidak baik. Hal ini dikarenakan dapat merangsang produksi hormon estrogen berlebihan yang dapat mengganggu ovulasi. Jagalah selalu berat badan ibu dan pasangan pada angka yang ideal.

10. Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika pasangan memiliki kebiasaan merokok, segera hentikan kebiasaan tersebut. Perlu ibu ketahui bahwa nikotin yang terdapat pada rokok dapat mempengaruhi kesuburan. Cara cepat hamil selanjutnya adalah dengan menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol. Alkohol dapat merusak jaringan tubuh, termasuk kualitas sperma. Tak hanya itu, kebiasaan minum kafein juga harus dikurangi. Pasalnya kafein cukup berpengaruh terhadap kesuburan pria dan wanita.

11. Cek Kesehatan Rutin

Sebelum memulai program hamil, ibu dan pasangan perlu mengecek kesehatan secara rutin terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ibu atau pasangan memiliki penyakit tertentu yang mengganggu kesuburan dan kehamilan. Beberapa penyakit yang mengganggu tersebut antara lain hepatitis B, HIV, serta toksoplasma. Cek kesehatan juga dapat mengukur tingkat kesuburan pasangan. Nantinya dokter akan memberikan saran dan pengobatan khusus jika diperlukan agar cepat hamil.

12. Rileks dan Kelola Stres

Keinginan untuk cepat hamil yang sangat kuat kerap kali dapat membuat ibu dan pasangan stres. Terlebih jika keluarga dan orang-orang terdekat sudah mempertanyakan soal kapan hamil. Psikologis ibu dan pasangan pun dapat terganggu. Jangan sampai kondisi ini terjadi, sebab dapat membuat ibu kehilangan mood untuk berhubungan intim, bahkan dapat membuat daya tahan tubuh juga menurun. Bersikap rileks merupakan hal yang bisa ibu lakukan untuk memuluskan harapan.

13. Konsumsi Vitamin yang Mengandung Asam Folat

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin yang penting untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah, meningkatkan kesuburan, menjaga daya tahan tubuh, serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun untuk konsumsi vitamin atau suplemen ini, sebaiknya Ibu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter agar diketahui cara yang paling tepat untuk mendukung program hamil yang akan Ibu jalankan.

Itulah 13 cara cepat hamil yang dapat pasutri lakukan agar cepat mendapatkan keturunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang DIY, Ini Lokasi Pusatnya

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement