Advertisement

Kenali Manfaat Konsumsi Dark Cokelat, Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Widya Islamiati
Rabu, 17 Agustus 2022 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
Kenali Manfaat Konsumsi Dark Cokelat, Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke Cokelat hitam - popsugar.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Makanan manis, yang umumnya diminati perempuan, bisa dijadikan berbagai olahan nikmat, dan sering dikaitkan dengan hal-hal romantisme, apalagi kalau bukan cokelat. Makanan yang terbuat dari biji kakao ini bahkan disebut-sebut bisa tingkatkan suasana hati. 

Berikut ini manfaat mengonsumsi cokelat untuk kesehatan ala medicalnewstoday dan eatthis!

Meskipun coklat sering dikaitkan dengan diabetes karena kandungan gulanya cukup tinggi, juga kandungan lemak yang dapat picu jerawat, namun coklat juga punyai manfaat. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Penelitian yang dipublikasikan dalam Netherlands Journal of Medicine menyebutkan, coklat mengandung senyawa fenolik. Hal ini membuat cokelat berdampak baik pada penuaan, stres oksidatif yang bisa sebabkan peradangan, juga membantu mengatur tekanan darah.

Cokelat juga mengandung antioksidan, namun semakin tinggi kadar kakao dalam coklat, semakin tinggi pula antioksidan yang terkandung di dalamnya, juga semakin banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. 

Coklat yang mengandung kadar kakao tinggi adalah dark cokelat atau cokelat hitam yang dikenal dengan rasanya yang sedikit pahit. Hal ini dikarenakan coklat hitam mengandung lebih sedikit lemak dan gula, walaupun ini kembali kepada merk yang mengeluarkan produk.

Berikut manfaat mengonsumsi coklat dengan kadar kakao tinggi untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Dapat menurunkan kolesterol

Pada penelitian yang dimuat dalam The Journal og Nutrition menyebutkan bahwa cokelat dapat membantu mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Para peneliti juga menyimpulkan, mengonsumsi cokelat yang mengandung kadar kakao tinggi dapat membantu kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol juga tekanan darah.

2. Membantu menjaga memori

Para peneliti di University Harvard menyarankan untuk meminum dua cangkir cokelat setiap hari. Hal ini karena coklat dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi penurunan memori pada usia lanjut. Penelitian lain bahkan menyebutkan ekstrak kakao dapat mencegah kerusakan saraf yang terjadi pada orang dengan penyakit alzheimer.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian menyebutkan, mengonsumsi coklat dapat membantu menurunkan hingga sepertiga risiko terkena penyakit jantung.

Advertisement

4. Menurunkan risiko penyakit stroke

Ilmuwan di Kanada menemukan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat sekitar dua ons selama seminggu dapat memperkecil kemungkinan meninggal karena stroke hingga 46%.

5. Baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, mengonsumsi satu ons cokelat setiap hari selama kehamilan dapat bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan janin.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Jumat 30 September 2022, Tiket Rp8.000

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement