Advertisement

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Widya Islamiati
Senin, 22 Agustus 2022 - 23:47 WIB
Bhekti Suryani
Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Lidah buaya - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dewasa ini kandungan perawatan kulit atau skincare sudah banyak sekali ragamnya.

Berbagai tanaman kian ditemukan khasiatnya untuk kulit wajah, lidah buaya salah satunya. Tanaman berlendir ini selain berkhasiat untuk kesehatan rambut, ternyata juga punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Berikut manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kulit wajah menurut healthline dan mediacalnewstoday!

1. Bermanfaat untuk luka bakar

Pada luka bakar ringan, penggunaan aloe vera dapat diandalkan sebagai obat yang dapat menyembuhkan. Caranya dengan mengoleskan aloe vera pada luka tiga kali sehari.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Selain itu, aloe vera juga dapat berguna untuk menenangkan luka bakar akibat paparan sinar matahari. Meskipun begitu, tetap gunakan sunscreen untuk melindungi kulit ya, kareana aloe vera hanya berfungsi untuk menenangkan, bukan untuk melindungi kukit.

2. Sebagai moisturizer

Aloe vera juga punyai fungsi untuk melembabkan kulit, juga untuk merawat kulit yang kering. Tidak heran kalau banyak skincare dengan kandungan lidah buaya atau aloe vera yang mengklaim punyai fungsi melembabkan. Jadi, menggantikan krim pelembab dengan aloe vera tidak salah juga!

3. Berguna untuk eksim

Selain dapat melembabkan kulit yang kering, aloe vera juga dapat membantu meringankan kulit kering dan gatal yang berkaitan dengan penyakit akibat eksim. Gel aloe vera dapat membantu meringankan dermatitis seboroik. Meskipun eksim jenis berminyak ini lebih banyak ditemukan di kulit kepala, tapi juga dapat ditemukan di wajah dan bagian belakang telinga.

4. Mengobati peradangan jerawat inflamasi

Salah satu kegunaan aloe vera adalah membantu mengobati peradangan akibat jerawat inflamasi seperti pustula dan nodul. Karena efek inflamasi yang terkandung dalam aloe vera. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan gel aloe vera pada jerawat sebanyak tiga kali sehari.

5. Meringankan psoriasis

Sama halnya pada eksim, aloe vera juga dapat membnatu meringankan gatal-gatal serta peradangan akibat psoriasis. Penyakit ini adalah kondisi ketika sel-sel kulit menumpuk dan menimbulkan bercak-bercak yang bersisik, kering serta gatal.

Caranya dengan mengoleskan gel aloe vera pada area yang terkena psoriasis sebanyak dua kali sehari.

Advertisement

6. Membantu mengobati luka kecil

Umumnya, orang akan menggunakan neosporin untuk mengobati luka kecil. Aloe vera dengan strukstur molekulnya juga punyai khasiat menyembuhkan luka kecil dengan cepat dan meminimalkan jaringan parut dengan meningkatkan kolagen serta melawan bakteri.

Caranya dengan mengoleskan gel aloe vera pada luka, sebanyak tiga kali sehari.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

DIY Peroleh Hadiah Rp10 Miliar, Digunakan untuk Pemulihan Ekonomi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement