Advertisement

7 Tips Berkerudung bagi Wanita Berwajah Lonjong

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 Tips Berkerudung bagi Wanita Berwajah Lonjong Peragaan busana muslim dalam Muslim Fashion Festival di Jakarta 19 April 2018. - REUTERS/Beawiharta

Advertisement

Hariajogja.com, JOGJA-Memiliki bentuk wajah yang lonjong terkadang membuat kita tidak percaya diri saat mengenakan jilbab atau kerudung. 

Namun tak perlu berkecil hati karena banyak trik yang dapat dilakukan untuk menyamarkan bentuk wajah kita agar tetap tampil cantik mengenakan hijab. 

Dilansir dari Rexona berikut ini tujuh tips berhijab bagi pemilik bentuk wajah lonjong:

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

1. Pilih Hijab Ber-volume dan Ber-layer

Solusi berhijab bagi wanita yang memiliki bentuk wajah lonjong adalah dengan memilih hijab yang ber-volume dan ber-layer. Hijab jenis ini sejatinya akan menutupi bentuk wajah lonjong. Apalagi jika kamu memilih hijab dengan bahan yang agak tebal, tampilan wajah lonjong akan tersamarkan dengan bentuk hijab yang memang padat dan berisi.

2. Tambahkan Inner Hijab

Tips berhijab paling sederhana yang bisa diadaptasi oleh wanita dengan bentuk wajah lonjong adalah dengan menambahkan inner hijab yang menutupi sebagian area dahi. Keberadaan inner hijab ini sangat membantu dalam menyamarkan bentuk wajah yang lonjong. Agar inner hijab ini tidak terlihat mengganggu penampilan, pilih inner dengan warna serasi dengan warna hijabmu. Bila perlu gunakan inner dengan warna-warna netral, seperti warna hitam.

3. Gunakan Hijab dengan Lipatan yang Menampilkan Rahang

Bentuk wajah lonjong sejatinya merupakan bentuk wajah yang memanjang ke atas. Terkadang bentuk wajah seperti ini memang bisa mengurangi rasa percaya diri, terutama bagi wanita yang berhijab. Tips berhijab lainnya untuk pemilik bentuk wajah lonjong adalah memilih hijab dengan lipatan sisi yang menampilkan area rahang. Dengan begitu, bentuk wajah akan sedikit terlihat memanjang ke samping dan tidak terlalu menonjolkan bentuk wajah yang lonjong.

4. Hindari Mencepol Rambut Terlalu Tinggi

Sebagian wanita yang berhijab memilih untuk mencepol rambutnya agar tidak terlalu panas dan lebih simple saat memakai hijab. Sayangnya, terkadang cepolan rambut ini terlalu tinggi sehingga hijab yang dipakai terlihat terlalu tinggi.

Tinggi cepolan rambut ternyata juga mempengaruhi tampilan hijab pada wajah yang lonjong. Semakin tinggi cepolannya, maka semakin tegas bentuk wajah lonjong yang ditampilkan. Jadi, pemilik bentuk wajah lonjong sebaiknya tidak membuat cepol rambut yang terlalu tinggi agar tampilannya tidak mengganggu.

5. Coba Model Pashmina Lilit

Siasati tampilan wajah lonjong dengan menggunakan pashmina lilit. Bentuk pashmina lilit yang terlihat berlapis-lapis tentu akan menyamarkan bentuk wajah lonjongmu. Orang tidak akan terfokus pada bentuk wajah, tetapi justru pada pashmina yang kamu kenakan. Pashmina lilit juga serasi dipadukan dengan inner yang membantu menutupi area dahi. Namun, area dahi sebaiknya tidak ditutup terlalu banyak, ya!

Advertisement

6. Adaptasi Turkish Style Hijab

Satu lagi tips berhijab untuk pemilik wajah lonjong, yaitu dengan mengadaptasi Turkish style hijab. Gaya hijab dari Turki ini memiliki ciri khas berupa inner yang menutupi hampir sebagian dahi sampai kurang lebih sedikit di atas alis mata. Kemudian, kain hijabnya menutupi kepala dan dibuat jatuh ke satu sisi saja.

7. Hindari Penggunaan Anting-anting Hijab

Dewasa ini, ada banyak aksesoris yang bisa dipakai untuk mempercantik hijab, termasuk anting-anting. Walaupun tidak dikaitkan di telinga, anting-anting umumnya dipasang di hijab tepat di dekat telinga. Pemilik bentuk wajah lonjong sebaiknya menghindari penggunaan anting-anting ini karena hanya akan mempertegas bentuk wajah yang panjang.

Itulah tujuh tips berhijab bagi wanita yang memiliki bentuk wajah lonjong. Selamat mencoba

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Targetkan 98% UHC pada 2024 Mendatang

Sleman
| Rabu, 28 September 2022, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement