Advertisement

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Widya Islamiati
Rabu, 24 Agustus 2022 - 11:57 WIB
Bhekti Suryani
Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Daun pandan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Siapa yang sering menemukan daun yang terikat di dalam panci berisi bubur kacang hijau? Daun itu adalah daun pandan.

Daun panjang yang punyai bau yang wangi ini sering digunakan untuk melengkapi sajian yang punyai rasa manis, salah satunya bubur kacang hijau.

Selain itu, daun pandan juga sering digunakan sebagai pewarna alami untuk berbagai sajian makanan. Tapi tahukah apa saja manfaat daun pandan untuk tubuh? Berikut ini rangkuman manfaat daun pandan berdasarkan healthline dan webmd!

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

1. Membantu mengelola gula darah

Pada penelitian yang dilakukan kepada 30 orang dewasa, teh panas yang terbuat dari daun pandan, dapat membuat orang-orang tersebut mengalami keadaan yang lebih baik setelah mengonsumsi teh panas tersebut.

2. Meningkatkan kesehatan mulut

Mengunyah daun pandan dapat membuat napas terasa lebih segar karena aromanya yang memang menyegarkan. Beberapa orang menggunakan pandan untuk mengobatigusi berdarah. Pengobatan tradisional bahkan menggunakan pandan untuk meredakan nyeri sendi serta manajemen gula darah. Meskipun hal ini masih diperlukan studi ilmiah.

3. Pereda nyeri untuk penderita nyeri sendi dan artritis

Dalam pengobatan tradisional, pandan digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada radang sendi dan nyeri sendi. Hal ini kemudian diperkuat dengan adanya peneliti menemukan bahwa minyak mengandung ekstrak pandan dapat meredakan gejala radang sendi. Selain itu, pandan juga dapat membantu meringankan sakit kepala juga sakit telinga.

Membantu mencegah penyakit jantung

Sebuah penelitian menemukan bahwa daun pandan berkhasiat bagi kesehatan jantung. Daun pandan, ditemukan sebagai sumber karotenoid yang sangat baik, kandungan ini disebut-sebut setara dengan antioksidan.

Kandungan karotenoid ini dikenal dapat membantu mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis, atau penyakit penyempitan arteri jantung yang disebabkan penumpukan plak.

Advertisement

Bermanfaat untuk merawat kulit terbakar

Di Asia Tenggara, daun pandan dihaluskan setelah dikeringkan seringkali digunakan dalam pengobatan topikal untuk mengobati luka bakar ringan karena terbakar sinar matahari ataupun luka bakar karena penyebab lain. Penelitian mengenai ini menemukan bahwa daun pandan mengandung asam tanat yang dapat mendinginkan luka bakar dengan cepat.

Meskipun masih diperlukan penelitian terbaru untuk mengonfirmasi hal ini.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

DIY Peroleh Hadiah Rp10 Miliar, Digunakan untuk Pemulihan Ekonomi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement