Advertisement

Manfaat Luar Biasa Cuka Apel yang Jarang Diketahui

Widya Islamiati
Kamis, 25 Agustus 2022 - 13:27 WIB
Bhekti Suryani
Manfaat Luar Biasa Cuka Apel yang Jarang Diketahui Cuka apel - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak orang yang menggunakan cuka apel, olahan buah apel sebagai obat rumahan ataupun tambahan bumbu untuk berbagai masakan. Hal ini dikarenakan bahan dapur mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini deretan manfaat dari cuka apel yang seringkali tidak disadari oleh banyak orang versi Healthline dan webmd!

1. Membantu membunuh bakteri berbahaya

Cuka punyai fungsi dapat membantu membunuh salah satu bakteri berbahaya yang bernama patogen, hal ini sama fungsinya ketika ekstrak apel dibuat menjadi cuka. Dalam pengobatan tradisional, cuka dipergunakan untuk membersihkan serta mendisinfeksi, mengobati jamur kuku, kutu, kutil hingga infeksi telinga.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Bahkan Hipocrates pada lebih 2000 tahun yang lalu telah menggunakan cuka untuk membersihkan luka. Penelitian juga menunjukkan bahwa cuka dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti E. coli yang dapat merusak makanan.

Cuka apel juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan yang alami. Beberapa orang menggunakan cuka apel untuk mengobati jerawat, namun hal ini masih perlu konfirmasi dari penelitian.

2. Membantu menurunkan kadar gula darah

Menghindari karbohidrat dan gula memang salah satu cara yang paling sehat untuk mengatur kadar gula darah, namun cuka apel juga bisa jadi alternatif lain.

Berikut ini manfaat cuka untuk kadar gula darah dan kadar insulin berdasarkan penelitian:

Penelitian menunjukkan cuka dapat meningkatkan sensitivitas insulin hingga 19 sampai 34% dengan makanan tinggi karbohidrat, serta dapat menurunkan gula darah dan respons insulin secara signifikan.

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada lima orang sehat, cuka dapat mengurangi gula darah hingga 31,4% setelah mengonsumsi 50 gram roti putih.

Advertisement

Selain itu salah satu penelitian juga menunjukkan bahwa cuka dapat meningkatkan fungsi insulin.

3. Membantu mengelola diabetes

Cuka dapat membantu mengobati diabetes tipe 2, sebab diabetes tipe 2 ini ditandai dengan kadar gul adarah yang tinggi yang disebabkan oleh resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk memproduksi insulin. Sedangkan cuka dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dua sendok makan cuka apel sebelum tidur pada penderita diabetes dapat mengurangi gula darah puasa sebesar 4% pada keesokkan paginya.

Advertisement

4. Membantu penurunan berat badan

Salah satu manfaat cuka yang cukup mengejutkan adalah dapat membantu penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan cuka dapat meningkatkan rasa kenyang, hal ini dapat membuat orang yang mengonsumsi cuka mendapat asupan kalori yang sedikit dan membantu menurunkan berat badan.

Cuka apel hanya mengandung toga kalori per sendok makan, jumlah yang sangat rendah. Meskipun demikian, program penurunan berat badan yang baik adalah dengan diet seimbang dengan gaya hidup sehat.

5. Membantu meningkatkan kesehatan kulit

Berbagai kegunaan cuka apel untuk kulit adalah untuk mengobati eksim dan kondisi kulit kering. Kulit secara alami punyai asam, sedangkan sari cuka apel dapat membantu menyeimbang kembali pH serta meningkatkan perlindungan kulit.

Selain itu, sari cuka apel dapat membantu mencegah infeksi pada eksim dan berbagai kondisi kulit lainnya. Namun, mengoleskan cuka apel murni pada kulit tidak dianjurkan sebab dapat menyebabkan luka bakar.

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mengaku Petugas BLT, Pencuri Gasak Perhiasan Rp105 Juta Milik Warga Minggir Sleman

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Terungkap, Lukas Enembe Tersangka Suap dan Gratifikasi Proyek APBD Papua

News
| Senin, 26 September 2022, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement