Advertisement

Duh, Masih Muda tapi Ubanan? Yuk, Kenali Penyebabnya!

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Duh, Masih Muda tapi Ubanan? Yuk, Kenali Penyebabnya! Ilustrasi rambut - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Uban tidak hanya tumbuh di kepala orang-orang yang sudah berusia lanjut. Dewasa ini, anak muda juga ada yang sudah mulai beruban. 

Kondisi ini tentu mengganggu penampilan. Bagi mereka yang kesehariannya tidak berhijab, dengan leluasa orang lain bisa melihat rambut putih di kepalanya.

Lantas sebenarnya apa penyebab uban muncul di usia seseorang yang masih muda? 

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dilansir dari garnier, berikut ini penjelasannya:

- Genetis

Sama seperti warna rambut yang ditentukan secara genetis, rambut yang beruban lebih awal juga dapat dipengaruhi secara genetis. Faktanya, hampir 90 persen penyebab munculnya uban adalah faktor genetis, walau belum bisa dipastikan gen apa yang berperan dalam hal ini.

Karena itu, jika rambut sudah beruban dari sekarang, coba cek ke orang tua dan kakek-nenek dari kedua orang tua karena bisa jadi kamu mewarisi gen beruban dini ini dari mereka. Karena disebabkan faktor genetis, nggak ada solusi lain selain menggunakan cat rambut untuk menutup uban.

- Kekurangan nutrisi

Rambut butuh nutrisi untuk bisa tumbuh sehat. Nah, kalau sampai rambut kamu beruban lebih awal, bisa jadi kekurangan nutrisi berupa Vitamin B12, zat besi, kalsium, dan Vitamin D3.

Advertisement

Kekurangan nutrisi ini bisa terjadi karena kamu diet ketat atau sebaliknya, pola makan nggak sehat. Nah, cara mengatasi uban yang disebabkan kurang nutrisi adalah dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan nutrisi yang seimbang.

- Masalah kesehatan

Masalah kesehatan dan penyakit, di antaranya adalah autoimun, neurofibromatosis, gangguan fungsi tiroid, beberapa tipe anemia, dan vitiligo, dapat membuat seseorang beruban lebih awal.

Advertisement

Rambut beruban ada yang kembali ke warna semula setelah penyakit sembuh dan pengobatan dihentikan, tapi ada juga membuat rambut beruban permanen.

- Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan stres, terbukti dapat membuat rambut kamu beruban lebih awal.

Bahan-bahan yang terkandung di dalam rokok mengandung radikal bebas yang dapat merusak sel melanosit sehingga nggak bisa lagi memproduksi melanin untuk rambut.

Advertisement

Cara mengatasi rambut putih pada usia muda untuk faktor ini tentu saja dengan mengubah gaya hidup lo jadi lebih sehat dengan stop merokok, rutin berolahraga, tidur yang cukup, dan hindari stres.

- Penggunaan produk perawatan rambut

Tanpa disadari, produk-produk perawatan rambut bisa membuat uban muncul lebih awal. Hal ini karena produk-produk tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang terlalu keras dan berbahaya.

Mulai sekarang, biasakan pakai produk-produk perawatan rambut yang terpercaya dan aman digunakan karena terdaftar di BPOM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Hari Ini, Mau Berangkat dari Mana?

Jogja
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement