Advertisement

Tips Tidur Siang yang Efektif

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 27 Agustus 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Tidur Siang yang Efektif Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Di jam-jam setelah makan siang seperti jam 13.00 WIB atau 14.00 WIB, biasanya orang-orang akan mulai merasakan kantuk. Ada baiknya jika kita meluangkan waktu untuk tidur siang. 

Sayangnya tidak semua orang bisa merasa nyaman saat tidur siang. Ada yang berpikir tidur siang justru membuat malam menjadi susah tidur.

Advertisement

Dilansir dari laman ners.unair.ac.id jika merasa lelah di siang hari dan ingin memanfaatkan jam istirahat siang untuk tidur, Anda bisa mencoba mengikuti beberapa tips tidur siang berikut ini:

1. Perhatikan waktu tidur

Tidur siang sebaiknya tidak terlalu lama. Agar bisa merasa lebih semangat dan bertenaga saat bangun tidur, Anda disarankan untuk tidur siang selama 15–20 menit.

Tidur siang yang terlalu lama justru bisa membuat Anda semakin mengantuk, kurang fokus, dan berisiko mengganggu tidur pada malam hari.

2. Pasanglah alarm

Agar bisa bangun tepat waktu saat tidur siang, cobalah pasang alarm. Sesuaikan jam tidur siang hingga tidak melebihi waktu yang dianjurkan. Misalnya, bila Anda ingin tidur siang pada jam 12 siang, nyalakan alarm pada pukul 12.20 atau paling telat pukul 12.30.

3. Buatlah perencanaan

Menunda tidur siang saat mulai merasa ngantuk bisa menimbulkan rasa gelisah, tidak nyaman, dan bahkan membahayakan diri Anda, misalnya saat menyetir kendaraan. Oleh karena itu, agar lebih nyaman dan aman, buatlah jadwal tidur siang yang teratur sesuai kesibukan Anda sehari-hari.

4. Hindari konsumsi kafein

Kafein memiliki efek stimulan yang dapat membuat Anda tetap terjaga dan sulit tidur. Efek ini umumnya muncul sekitar 30 menit setelah mengonsumsi minuman berkafein, misalnya kopi atau minuman berenergi. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kafein bila hendak tidur siang.

5. Pilih waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah pukul 2–3 siang. Saat itu, kemungkinan Anda mulai merasa mengantuk setelah makan siang. Jika Anda ingin tidur siang, sebaiknya tunggu hingga 1 jam setelah makan siang.

Bila kondisi memungkinkan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memanfaatkan waktu tidur siang. Namun, ingatlah untuk tidak tidur siang terlalu lama atau memaksakannya di saat sedang ada kesibukan tertentu.

Jika Anda merasa sulit untuk tidur siang atau tidur di malam hari, terlebih apabila sudah membuat Anda merasa kelelahan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement