Advertisement

Waspadai! Tanda-Tanda Serangan Jantung pada Perempuan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 28 Agustus 2022 - 10:47 WIB
Bhekti Suryani
Waspadai! Tanda-Tanda Serangan Jantung pada Perempuan Tanda serangan jantung pada perempuan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dicap dengan istilah 'silent killer', serangan jantung bisa menyerang siapa saja, terutama mereka yang berusia 50 tahun ke atas. 

Serangan jantung menandakan kurangnya darah yang kaya nutrisi dan oksigen di jantung. Ini terjadi ketika arteri yang mengirim darah dan oksigen ke jantung tersumbat. Banyak faktor yang dapat menyebabkan serangan jantung termasuk penumpukan lemak, deposit yang mengandung kolesterol di arteri jantung.

Ketika timbunan lemak atau plak ini pecah, ia membentuk gumpalan darah, yang menyumbat arteri, menghalangi aliran darah ke berbagai bagian tubuh, menyebabkan serangan jantung.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurut American Heart Association, serangan jantung pada wanita dapat menunjukkan berbagai gejala yang berbeda dibandingkan pada pria.

Sementara nyeri dada dan tekanan adalah salah satu tanda pertama yang dapat terjadi pada pria dan wanita, yang terakhir lebih mungkin untuk melaporkan gejala lain termasuk mual, berkeringat, muntah, nyeri di leher, rahang, tenggorokan, perut atau punggung atau bisa juga jatuh pingsan.

Pria lebih mungkin mengalami sesak napas, nyeri rahang dan bahu, mual antara lain.

Alasan lain mengapa pria dan wanita mengalami gejala yang berbeda adalah karena sementara pria lebih mungkin menderita penumpukan plak di arteri besar mereka yang memasok darah ke jantung, wanita cenderung lebih rentan terhadap penumpukan di arteri jantung yang lebih kecil. Oleh karena itu, ini mengubah jalannya gejala pada pria vs wanita.

Menurut sebuah survei yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, yang melihat data lebih dari 500 wanita yang selamat dari serangan jantung, sekitar 95 persen mengatakan mereka melihat perubahan tubuh yang tidak biasa pada bulan-bulan sebelum kejadian.

BACA JUGA: Jangan Panik Saat Sesak Napas, Berikut Ini Cara Mudah Atasinya!

Advertisement

Gejala yang paling umum dilaporkan termasuk kelelahan dan gangguan tidur.

Menariknya, ditemukan juga bahwa sementara mayoritas pria cenderung menderita nyeri dada selama suatu acara, wanita lebih cenderung mengalami sesak napas.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk memperhatikan tubuh Anda dan meminta bantuan medis darurat jika Anda mengalami gejala termasuk:

Advertisement

- Ketidaknyamanan dada

- Nyeri dan ketidaknyamanan tubuh bagian atas. Ini dapat mencakup area seperti satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang atau perut.

- Sesak napas

- Berkeringat dingin, mual atau pusing

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mengaku Petugas BLT, Pencuri Gasak Perhiasan Rp105 Juta Milik Warga Minggir Sleman

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Presiden Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Panggilan KPK

News
| Senin, 26 September 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement