Advertisement

Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan, Termasuk Menetralkan Asam Lambung

Widya Islamiati
Senin, 29 Agustus 2022 - 12:37 WIB
Bhekti Suryani
Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan, Termasuk Menetralkan Asam Lambung kecombrang

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Siapa yang suka dengan panganan nasi goreng kecombrang? Nasi goreng yang dibumbui dengan bunga kecombrang ini merupakan salah satu menu di banyak rumah makan di Indonesia yang cukup diminati oleh banyak orang.

Selain ditambahkan di nasi goreng, kecombrang juga kerap kali dijadikan rempah dalam aneka masakan lainnya.

Siapa sangka, bunga kecombrang atau yang biasa juga disebut dengan honje ini juga kaya akan manfaat.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Kecombrang yang termasuk ke dalam kerajaan Plantae ini punyai nama ilmiah Etlingera elatior. Termasuk pula dalam keluarga Zingiberacae yaitu suku temu-temuan atau rimpang-rimpangan.

Banyak orang mempercayai, kecombrang punyai nilai gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, maka tidak heran jika banyak yang menggunakan kecombrang sebagai bumbu masakannya. Dengan aroma yang khas, kecombrang banyak disajikan sebagai pelengkap bumbu pecel, bumbu ikan, bahkan pembuatan sambal dan bumbu ayam goreng.

Berikut ini manfaat kecombrang untuk kesehatan menurut Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, dan drhealthbenefits.

1. Kaya akan kandungan yang menyehatkan

Tanaman yang cocok juga untuk dijadikan sebagai tanaman hias di halaman rumah ini mengandung energi, karbohidrat, mineral, lemak serta protein. Tidak hanya itu saja, tanaman dengan bunga berwarna merah berbentuk gasung ini juga kaya akan magnesium, kalium, zat besi, fosfor, kalsium serta zinc.

2. Dapat mengatasi bau badan

Tanaman yang hanya ditemukan di Indonesia ini juga bermanfaat untuk mengatasi bau tidak sedap pada badan yang disebabkan oleh bakteri. Biasanya digunakan sebagai campuran parfum karena memiliki bau harum yang khas. Bagian dari tumbuhan ini yang biasa digunakan untuk mengatasi bau badan adalah bagian batangnya.

3. Membersihkan darah dan atasi berbagai masalah kulit

Siapa sangka, rempah kecombrang juga bisa membersihkan darah kotor pada tubuh manusia. Darah kotor ini yang kemudian akan menjadi penyebab jerawat. Cara kerjanya, membersihkan darah oleh senyawa yang terkandung dalam kecombrang. Sehingga darah dapat mengalir tanpa bakteri atau virus di dalamnya.

Jika darah sudah bersih, secara otomatis dapat mengatasi berbagai masalah kulit yang berkaitan dengan kebersihan darah.

Advertisement

4. Menguatkan tulang dan gigi

Karena punyai kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium, kecombrang juga bisa bantu menguatkan tulang dan gigi. Maka, mengonsumsi tanaman ini dianjurkan untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

5. Mencegah dehidrasi

Manfaat mineral yang terkandung dalam kecombrang juga dapat mencegah dehidrasi. Karena selain mineral kecombrang juga mengandung air yang dapat menggantikan cairan tubuh.

6. Menetralkan asam lambung

Untuk penderita penyakit asam lambung, kecombrang mungkin akan menjadi kabar yang baik, sebab rempah ini dapat menetralkan asam lambung. Sehingga maag tidak akan kambuh.

Advertisement

 

 

 

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

DIY Peroleh Hadiah Rp10 Miliar, Digunakan untuk Pemulihan Ekonomi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement