Advertisement

5 Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 01 September 2022 - 15:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung Jerawat punggung - Lifebuoy

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Jerawat tidak hanya bisa muncul di wajah tetapi juga di punggung. Jika jerawat di wajah mudah terdekteksi, jerawat di punggung terkadang tidak disadari. 

Jerawat di punggung bisa menimbulkan masalah lebih serius daripada jerawat di wajah. Hal ini karena orang tidak menyadari di punggungnya muncul jerawat sehingga tidak melakukan tindakan khusus untuk menghilangkannya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya jerawat punggung. Sebagian besar memang sama dengan penyebab timbulnya jerawat di wajah. 

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dilansir dari Lifebuoy, berikut ini penyebab munculnya jerawat punggung: 

1. Hormon

Jerawat pada umumnya muncul saat produksi hormon tertentu mengalami peningkatan secara signifikan, seperti saat pubertas (usia 10–13 tahun), dan pada wanita saat menstruasi dan kehamilan. Selain itu, ketidakstabilan hormon pada penderita penyakit tertentu, misalnya ovarium polikistik, juga bisa memicu timbulnya jerawat. Pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak, kemunculan jerawat akibat ketidakstabilan hormon cenderung lebih banyak, termasuk di punggung.

2. Genetik

Faktor genetik juga dapat menyebabkan seseorang lebih mudah berjerawat. Bila orang tua Anda memiliki jenis kulit berminyak, Anda pun akan memiliki jenis kulit yang sama dan kemungkinan lebih mudah berjerawat, termasuk di punggung.

3. Pakaian

Pemakaian pakaian yang ketat juga bisa menjadi penyebab jerawat di punggung. Pakaian ketat membuat kulit sulit bernapas dan menyebabkan penyumbatan keringat. Bila keringat tersumbat, maka akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Pakaian ketat tidak hanya memicu pertumbuhan jerawat di punggung, tetapi juga akan memperparah jerawat punggung yang sudah muncul.Pakaian tidak ketat yang basah oleh keringat juga bisa menyebabkan munculnya jerawat punggung. 

4. Tempat tidur kotor

Seprai, bantal, guling, serta kasur wajib dibersihkan secara rutin. Jika ini tidak dilakukan, tempat tidur Anda bisa menjadi kotor, lembap, dan berminyak sehingga disukai bakteri untuk tinggal dan berkembang biak. Menjaga kebersihan tempat tidur merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya masalah kulit, termasuk jerawat punggung. Cuci seprai, sarung bantal dan guling setiap seminggu sekali untuk menjaga kebersihan tempat tidur.

5. Konsumsi obat tertentu

Beberapa jenis obat dan suplemen juga bisa memengaruhi produksi hormon yang pada akhirnya memicu pertumbuhan jerawat. Contoh obat yang dapat memicu timbulnya jerawat punggung adalah antidepresan, suplemen bubuk protein, suplemen yang mengandung hormon, atau pil KB dengan efek samping menimbulkan jerawat.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Hari Ini, Mau Berangkat dari Mana?

Jogja
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement