Advertisement

Ketiak Menghitam? Ketahui 5 Penyebabnya

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 04 September 2022 - 06:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ketiak Menghitam? Ketahui 5 Penyebabnya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Masalah ketiak tidak hanya soal ketiak basah. Ketiak yang hitam juga membawa masalah yang perlu penanganan serius. 

Bagi perempuan, ketiak yang menghitam sangat mengganggu penampilan dan bisa membuat tidak percaya diri. Apalagi jika memakai pakaian tanpa lengan maka perempuan menjadi tidak mudah bebas bergerak. 

Baca juga: Sudah Resmi Naik, Ini Harga Terbaru Pertalite, Solar, hingga Pertamax

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi Anda mengetahui penyebab ketiak menghitam. Dilansir dari Rexona, ini lima alasan ketiak menghitam:

1. Penyakit Diabetes

Seseorang yang mengidap diabetes bisa mengakibatkan perubahan warna kulit pada tubuhnya, tidak terkecuali pada bagian ketiak. Tingginya kadar gula dalam darah pasien diabetes mengakibatkan terjadinya perubahan pigmen. Maka tidak mengherankan, jika salah satu ciri-ciri diabetes adalah munculnya bercak kehitaman pada kulit.

2. Salah Mencukur Rambut Ketiak

Karena kulit ketiak termasuk jenis kulit yang sensitif dan mudah mengalami iritasi, sebaiknya mencukur bulu ketiak sehabis mandi saat kondisi kulit masih lembap dan halus. Agar kulit ketiak tidak menjadi hitam dan iritasi, pastikan juga mengoleskan krim pencukur terlebih dahulu.

3. Pakaian yang Terlalu Ketat

Pakaian yang ketat membuat ruang gerak menjadi lebih sempit dan terbatas. Hal ini membuat serat pakaian akan berkali-kali menggesek permukaan kulit ketiak. Jika dibiarkan, kulit ketiak yang sensitif pun dapat menghitam. Apalagi jika baju yang Kamu pakai terbuat dari bahan sintetis yang memiliki serat kasar.

4. Hiperpigmentasi Kulit

Masalah hiperpigmentasi merupakan salah satu gejala penyakit Addison. Kelainan ini terjadi karena kelenjar adrenal tidak dapat berfungsi dengan baik dalam tubuh. Akibatnya, tubuh mengalami kegagalan dalam memproduksi hormon kortison dan aldosteron. Hal inilah yang mengakibatkan kulit ketiak menjadi berwarna hitam.

5. Banyak Sel Kulit Mati Menumpuk

Jika bakteri dan kotoran pada ketiak jarang dibersihkan, keduanya akan semakin menumpuk hingga akhirnya membentuk sel kulit mati. Banyaknya sel kulit mati yang menumpuk inilah yang juga bisa menjadi penyebab ketiak hitam. Untuk mengatasi masalah ini, Kamu bisa melakukan scrubbing atau lulur pada kulit ketiak ketika mandi.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Penataan Kawasan Kumuh di Sungai Gajah Wong Dapat Apresiasi Bank Dunia

Jogja
| Senin, 26 September 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Situasi Global Tahun Depan Bakal Lebih Gelap, tapi Indonesia Punya Peluang

News
| Senin, 26 September 2022, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement