Advertisement

Manfaat Kopi, Memperlambat Penuaan Kulit hingga Meningkatkan Stamina

Sunartono
Rabu, 07 September 2022 - 10:57 WIB
Sirojul Khafid
Manfaat Kopi, Memperlambat Penuaan Kulit hingga Meningkatkan Stamina Ilustrasi Barista saat mempraktikkan menyeduh kopi. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kopi menjadi salah satu komoditi yang paling banyak dicari. Bahkan meminum kopi saat ini sudah menjadi tradisi. Maka tak heran warung kopi atau kafe mudah ditemukan di setiap sudut kota hingga desa. 

Akan tetapi, orang minum kopi selain mendapatkan kenikmatan di setiap meneguknya, juga memperoleh manfaat kesehatan. Banyak penelitian terkait manfaat minum kopi. Salah satunya kopi dikaitkan dengan kecantikan karena dengan meminum kopi ada sejumlah manfaat kesehatan yang diperoleh. 

“Sebagai minuman yang sangat digemari di Indonesia, kopi kini semakin dicari bukan semata karena cita rasanya yang khas, tetapi juga karena banyaknya manfaat untuk kesehatan,” Pangesti Boedhiman, Head of Corporate Communication, Kapal Api Global kepada wartawan di sela-sela Coffe Meets Beauty di Jogja, Selasa (6/9/2022). 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Cara Bersihkan Usus Besar Secara Alami, Bisa Dilakukan di Rumah

Penelitian University of Illinois Amerika Serikat pada 2020 menunjukkan kafein memperlambat kenaikan berat badan. Dari diet obesogenik yang cenderung membuat berat badan bertambah dengan mengurangi penyimpanan zat lemak dalam sel lemak dan produksi trigliserida. Kafein pada secangkir kopi melekat pada bagian neuron. Biasanya menarik hormon yang membuat mengantuk, dan menyebabkan sistem endokrin melepaskan glutamat, selanjutnya neurotransmitter meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat. 

Kopi mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh yang dapat memperlambat proses penuaan. Sedangkan kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan konsentrasi dan mengurangi jerawat. "Berbagai literatur telah membuktikan bahwa kopi mengandung banyak nutrien dan antioksidan yang baik untuk tubuh, seperti polifenol yang dapat mengurangi dan memperlambat proses penuaan. Kemudian kafein membantu meningkatkan konsentrasi dan stamina dan asam klorogenik untuk mengurangi jerawat,” katanya. 

Brand Activation Implora, Abegail Olivia, menambahkan dari sisi kecantikan, kopi memang banyak memberikan manfaat. Selain diminum langsung, juga ampas kopi yang bermanfaat untuk kulit. Ampas yang dipakai dua kali sehari dapat mengangkat sel kulit yang mati. 

“Kopi ini selain membantu kecantikan dari dalam tetapi dari luar juga, ampas kopi bisa dijadikan scrub fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati, untuk mpenghangat sel kulit mati. Sepekan dipakai dua kali jangan setiap hari, kalau agak repot pakai ampas dari kopi bisa pakai serum,” katanya.

BACA JUGA: Ini Nama Bayi Paling Populer di Inggris, Mengejutkan! Nomor Satu Ternyata Nama Ini

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Menteri ATR/BTN: Kalau Masih Ada Mafia Tanah Kita Gebuk Bersama-sama

Jogja
| Senin, 26 September 2022, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Meghan Markle Mengeluh Tak Digaji saat Jalani Tur Kerajaan

News
| Senin, 26 September 2022, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement