Advertisement

Mudah dan Murah! 7 Cara Alami Detoksifikasi Tubuh

Widya Islamiati
Jum'at, 09 September 2022 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Mudah dan Murah! 7 Cara Alami Detoksifikasi Tubuh Ilustrasi minuman detoks yang terbuat dari air, mentimun, dan daun mint - Times of India

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Detoksifikasi tubuh adalah cara yang dilakukan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Tubuh manusia sudah dilengkapi dengan sistem yang berguna untuk mengeluarkan racun dengan sendirinya, tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Selama ini banyak orang yang mempercayai bahwa meminum suplemen tertentu atau melakukan diet tertentu dapat mendetoksifikasi tubuh. Namun, tubuh dengan ginjal, hati, sistem pencernaan, kulit serta paru-paru juga bisa melakukan fungsi ini.

Hanya saja, detoksifikasi tubuh dapat dilakukan jika organ dari sistem detoksifikasi ini dalam keadaan yang sehat sehingga bisa bekerja dengan optimal.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Cara terbaik untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami adalah dengan mengoptimalkan sistem detoksifikasi alami yang ada dalam tubuh. Berikut caranya berdasarkan Healthline dan Medicalnewstoday!

1. Batasi konsumsi alkohol

Hati merupakan organ yang memetabolisme lebih dari 90% alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Meminum alkohol secara berlebihan dapat menggangu fungsi hati dengan menimbulkan peradangan, penumpukan lemak juga jaringan parut dalam hati.
Maka, membatasi konsumsi alkohol adalah cara yang baik untuk memelihara kesehatan hati sebagai salah satu organ dalam sistem detoksifikasi tubuh.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur adalah cara otak untuk mereset ulang dirinya sendiri. Selain itu, saat tidur, otak juga mengeluarkan limbah yang penumpuk selama manusia terjaga. Salah satu limbah yang dikeluarkan oleh otak saat tidur adalah protein beta-amiloid yang berkaitan dengan penyakit alzheimer.

Maka ketika seseorang kurang tidur, otaknya tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk mengeluarkan limbah atau racun. Hal itu kemudian membuat penumpukan racun yang dapat mempengaruhi kesehatan. Ini sebabnya mengapa kurang tidur bisa sebabkan gangguan kecemasan, stres, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe 2 juga obesitas.
Manusia butuhkan setidaknya tujuh hingga sembilan jam waktu untuk tidur.

3. Minum air putih dalam jumlah yang cukup

Banyak sekali fungsi air dalam tubuh manusia selain bisa mengatur suhu tubuh, melumasi sendi, membantu penyerapan nutrisi dan membantu proses pencernaan, air juga punyai peran dalam detoksifikasi tubuh.

Dalam proses ini, air mengeluarkan limbah dalam bentuk urea serta karbondioksida, dengan berbagai cara seperti bernapas, buang air kecil ataupun melalui keringat. Wanita setidaknya punyai kebutuhan harian air yang cukup hingga 2,7 liter air, sedangkan pria membutuhkan setidaknya 3,7 liter air. Meskipun, kebutuhan ini bergantung pada tempat tinggal serta aktivitas fisik yang dilakukan.

Advertisement

4. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Makanan dengan kadar antioksidan tinggi punyai peran untuk membantu tubuh dalam melawan stres oksidatif. Penyebab stres oksidatif ini bisa karena radikal bebas juga racun yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Antioksidan terkandung dalam vitamin A, vitamin C, vitamin E, likopen, lutein, selenium, serta zeaxanthin.

5. Mengonsumsi makanan tinggi prebiotik

Usus juga termasuk ke dalam salah satu sistem detoksifikasi. Cara usus melindungi dirinya sendiri serta tubuh adalah dengan melakukan detoksifikasi racun yang berbahaya, seperti bahan kimia. Untuk memelihara kesehatan usus, diperlukan prebiotik.
Prebiotik adalah sejenis serat yang bisa memberi makan bakteri baik bernama probiotik.

Advertisement

Probiotik dapat menghasilkan asam lemak rantai, nutrisi yang berguna bagi kesehatan usus. Mengonsumsi makanan yang kaya akan prebiotik dapat membantu memelihara sistem kekebalan tubuh serta membantu detoksifikasi agar tetap berjalan optimal.

6. Beraktivitas fisik yang cukup

Melakukan olahraga serta berbagai aktivitas cukup dapat mengurangi peradangan. Manfaat dari pengurangan peradangan ini bisa membantu sistem detoksifikasi alami tubuh serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

7. Kurangi konsumsi asupan gula dan junkfood

Sebuah penelitian menyebutkan, mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi serta mengonsumsi junkfood dapat memicu berbagai kondisi serius seperti obesitas, penyakit kardiovaskular, diabetes, serta kanker.

Penyakit-penyakit inilah yang membuat sistem detoksifikasi alami tubuh terganggu, seperti hari dan ginjal.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Tekan Impor, Sleman Genjot Produksi Kedelai

Sleman
| Rabu, 28 September 2022, 06:07 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement