Advertisement

7 Tips Agar Rambut Keritingmu Mudah Diatur

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 11 September 2022 - 21:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 Tips Agar Rambut Keritingmu Mudah Diatur Rambut Keriting - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Rambut mengembang dan sulit diatur menjadi keluhan banyak wanita berambut keriting. 

Ada di antara mereka yang kemudian melakukan metode pelurusan rambut agar rambutnya menjadi mudah diatur. Namun ada pula yang tetap mempertahankan rambut aslinya sebagai identitas diri. 

Pesannya adalah jangan putus asa dan terburu-buru mengambil keputusan untuk mencatok atau merebonding rambut. Sebab banyak cara yang bisa ditempuh agar rambut keriting bisa mudah diatur dan tetap lembap. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Baca juga: 4 Kesalahan yang Membuat Rambut Bercabang

Dilansir dari Tresemme, berikut ini caranya: 

1. Jangan sering keramas

Perawatan rambut kering dan keriting tidak sama dengan perawatan rambut lurus. Jika rambut lurus harus sering dicuci dengan sampo, pemilik rambut keriting justru sebaiknya mengurangi frekuensi keramasnya. Terlalu sering keramas dapat mengurangi minyak alami rambut dan membuatnya semakin kering.

2. Pakai kondisioner 

Kondisioner adalah produk perawatan rambut kering yang wajib kamu miliki. Penggunaan kondisioner setiap habis keramas dapat membantu melembapkan rambut keringmu dan menjadikan rambut yang mengembang lebih mudah diatur.

3. Pilih sampo dan kondisioner khusus

Perawatan rambut kering sangat bergantung pada produk yang kamu pakai sehari-hari. Jadi, pilih sampo dan kondisioner khusus yang memang diformulasikan untuk merawat rambut kering dan susah diatur.

4. Kurangi penggunaan alat pemanas rambut

Tanpa kamu sadari, kamu pasti sering menata rambut dengan alat styling yang mengeluarkan suhu panas, seperti catokan atau hair dryer. Suhu panas dari alat-alat tersebut hanya akan membuat rambutmu semakin kering dan kusut. Selama kamu sedang dalam usaha mengembalikan kelembapan rambutmu, sebaiknya hindari dulu penggunaan alat-alat pemanas rambut tersebut.

Advertisement

5. Pakai sisir kayu yang bergigi jarang

Penggunaan sisir plastik yang biasa kita gunakan hanya akan menghasilkan listrik statis yang akan membuat rambut jadi lebih rapuh dan kusut. Solusi terbaik untuk pemilik rambut keriting adalah mengganti sisir plastik dengan sisir kayu karena tidak menghasilkan listrik statis. Selain itu, pilih sisir yang bergigi jarang.

6. Gunakan handuk halus

Handuk yang kasar akan membuat rambut semakin mengembang dan sulit diatur. Ganti handuk yang berbahan halus. Ketika kamu memakainya untuk mengeringkan rambut, usahakan untuk mengurangi kebiasaan menggosok rambut. Tepuk-tepuk saja handuk tersebut di rambutmu agar kondisi rambut tidak semakin mengembang.

7. Rutin pakai vitamin rambut 

Bukan cuma sampo dan kondisioner saja, vitamin rambut juga wajib kamu pakai untuk merawat rambut kering dan sulit diatur. Pilih vitamin rambut yang mengandung protein agar rambutmu jadi lebih lembap dan lembut. Pakailah vitamin rambut tersebut sesuai dengan aturan pemakaian yang tertera di kemasannya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mengaku Petugas BLT, Pencuri Gasak Perhiasan Rp105 Juta Milik Warga Minggir Sleman

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Terungkap, Lukas Enembe Tersangka Suap dan Gratifikasi Proyek APBD Papua

News
| Senin, 26 September 2022, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement