Advertisement

Sakit Gigi dan Infeksi Mulut Bisa Merembet Sampai ke Kanker, Kenali Ragam Penyakitnya

Anshary Madya Sukma
Senin, 12 September 2022 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
Sakit Gigi dan Infeksi Mulut Bisa Merembet Sampai ke Kanker, Kenali Ragam Penyakitnya Sakit gigi - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kesehatan mulut sangat penting karena berbagai alasan, sebagai contoh jika pasien menderita penyakit gusi, gigi berlubang, atau bau mulut akan menyebabkan sakit gigi dan bau mulut Anda. Namun, masalah tidak akan berhenti disitu saja karena ternyata kondisi mulut yang buruk dapat menyebabkan penyakit lainnya.

Dilansir brookhavendentalgroup.com, pada Senin (12/9/2022), hal tersebut terjadi karena mulut merupakan salah satu jalur masuknya bakteri ke dalam tubuh, yang akhirnya menyebabkan infeksi atau peradangan di bagian lain dari tubuh.

Advertisement

Apa saja penyakit yang muncul karena sakit gigi dan kesehatan mulut yang buruk?

1. Infeksi Saluran Pernapasan

Jika Anda memiliki gusi yang terinfeksi atau meradang, bakteri dapat berpindah ke paru-paru, hal ini dapat menyebabkan menyebabkan infeksi pernapasan serius, seperti pneumonia, atau bahkan bronkitis.

2. Demensia

Dengan kondisi gusi yang meradang dapat melepaskan zat-zat yang berbahaya bagi sel-sel otak. Akibatnya, akan menyebabkan penyakit demensia yang dapat menganggu fungsi sel otak, seperti hilangnya memori dan kemampuan menilai.

3. Penyakit Kardiovaskular

Jangan anggap remeh kesehatan gigi Anda, karena secara tidak langsung bakteri dari gusi akan memasuki aliran darah dan dapat menyebabkan penumpukan dalam arteri, sehingga kondisi ini beresiko terkena penyakit kardiovaskular atau lebih parahnya terkena serangan jantung.

4. Masalah Prostat

Jika pria menderita penyakit periodontal atau infeksi yang merusak gusi dan menyebabkan rahang ini sangat mungkin menderita prostatitis,  kondisi ini menyebabkan iritasi dan masalah terkait prostat lainnya.

5. Diabetes

Penderita diabetes lebih mungkin memiliki gusi yang terinfeksi dibandingkan mereka yang tidak menderita diabetes dan hal ini dapat membuat penyakit diabetes menjadi sulit dikendalikan karena kadar gula darah yang tidak diatur. 

Dalam hal ini, penyakit gusi dapat menyumbang kadar gula darah lebih tinggi dan ini dapat menjadikan seseorang risiko terkena diabetes.

6. Infertilitas

Untuk wanita yang memiliki kesehatan mulut yang buruk, maka bisa saja wanita tersebut mendapatkan infertilitas, penyakit ini adalah kondisi kesehatan yang dapat membuat wanita sulit untuk hamil atau memiliki kehamilan yang sehat.

7. Kanker

Kesehatan mulut yang buruk dapat menempatkan pasien pada risiko kanker ginjal, kanker pankreas, atau kanker darah. Selain itu, jika pasien merokok atau menggunakan produk tembakau, maka dapat menyebabkan kanker mulut atau tenggorokan.

8. Rheumatoid Arthritis 

Orang yang memiliki penyakit gusi lebih mungkin untuk menderita Rheumatoid Arthritis, cara kerjanya adalah bakteri di mulut kita dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh, dan ini meningkatkan risiko terkena Rheumatoid Arthritis atau sebuah kondisi yang di mana sistem kekebalan tubuh dapat menyerang jaringannya sendiri, termasuk sendi.

9. Penyakit ginjal

Pasien dengan penyakit gusi biasanya memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah, dan ini dapat membuat mereka rentan terhadap infeksi. Banyak pasien yang memiliki kesehatan mulut yang buruk juga memiliki penyakit ginjal, sehingga dapat menyebabkan gagal ginjal jika tidak diobati.

Jika Anda tidak ingin memiliki kondisi penyakit di atas, maka Charlene Brown dan Bristol Williams yang merupakan dokter gigi dari Brookhaven membagikan tips untuk menjaga kebersihan mulut tetap sehat, di antaranya :

• Sikat gigi dan bersihkan dengan benang gigi setiap hari.

• Hindari merokok atau menggunakan produk tembakau apa pun.

• Gunakan obat kumur yang mengandung fluoride.

• Usahakan jauhi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula.

• Makan makanan yang seimbang.

• Berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement