Advertisement

Daftar Menu Makanan Padang Tinggi Purin Pemicu Asam Urat

Newswire
Senin, 19 September 2022 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Daftar Menu Makanan Padang Tinggi Purin Pemicu Asam Urat Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Unand) Padang Prof Rina Yenrina. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Guru besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Unand) Padang Profesor Rina Yenrina mengungkap sejumlah makanan Padang memiliki kadar purin yang tinggi sehingga dapat memicu asam urat atau hiperurisemia.

"Masakan khas Minang pada umumnya mengandung protein tinggi, hal ini diduga dapat meningkatkan purin yang menyebabkan kadar asam urat dalam darah berlebih," kata dia di Padang, Senin (19/9/20220.

Advertisement

Hal itu disampaikannya saat pengukuhan dirinya sebagai guru besar tetap dalam bidang Ilmu Teknologi Pangan dan Gizi Unand dengan orasi ilmiah "Pengendalian Hiperurisemia dan Arthristis Gout Dengan Membatasi Konsumsi High Purine Foods dan Kandungan Purin Masakan Khas Sumbar".

Dijelaskan, purin berasal dari bahan makanan yang dikonsumsi berfungsi sebagai pembentuk asam nukleat bersama nukleotida pirimidin guna membantu metabolisme zat gizi dalam tubuh.

Namun, jika manusia mengonsumsi bahan pangan yang mengandung purin tinggi, maka akan dihasilkan asam urat yang tinggi dalam darah.

"Jika melampaui daya larut akan terbentuk kristal urat yang disebut tofi, kemudian mengendap di ruang sendi sehingga memicu penyakit radang sendi atau arthritis gout," ujarnya.

Dia memaparkan prevalensi penyakit yang disebabkan asam urat di Indonesia pada penduduk usia di bawah 34 tahun mencapai 32 persen dan usia di atas 34 tahun sebanyak 68 persen.

Di Sumatra Barat (Sumbar) prevalensi penyakit sendi pada 2013 mencapai 12,7 persen bahkan Dinas Kesehatan Padang mengungkap asam urat masuk 10 penyakit terbanyak.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya masakan Padang yang memiliki kadar purin tinggi yaitu: gulai tambunsu atau usus, ikan pangek padeh, belut goreng, ayam rendang, ikan bakar dan rendang daging.

Kemudian, masakan Padang yang kadar purin sedang adalah samba lado tanak, anyang, ayam goreng balado, kalio sapi, ikan pangek masin, gulai tauco, gulai cancang, dendeng lambok, gulai hati sapi, ayam goreng bumbu, gulai otak , asam padeh daging dan ayam bakar. Sedangkan yang kadar purin rendah yaitu ayam pop, ayam gulai dan gulai tunjang.

Dalam seporsi usus atau tambunsu dengan berat 190 gram terdapat 547,66 miligram purin, seporsi ikan pangek padeh 274,75 miligram purin dan belut goreng balado 242,11 miligram purin.

Oleh sebab itu, salah satu cara mengurangi risiko penyakit asam urat adalah dengan pengaturan konsumsi masakan yang mengandung purin tinggi dengan cara mengurangi atau menghindari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement