Advertisement

Penderita Hipertensi Harus Pantang 9 Makanan Ini

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 22 September 2022 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Penderita Hipertensi Harus Pantang 9 Makanan Ini Daging merah berprotein - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penderita hipertensi harus ekstra hati-hati dalam mengonsumi makanan maupun minuman. Ada sejumlah makanan yang harus dipantang karena beberapa makanan dipercaya dan secara ilmiah bisa meningkatkan tekanan darah, dalam jangka pendek atau panjang.

Berikut daftar makanan tersebut dilansir dari Pinkvila

1. Makanan yang terlalu asin

Makanan dengan kadar natrium atau garam tinggi sangat tidak baik untuk tekanan darah. 

Natrium memiliki kecenderungan untuk meningkatkan tekanan darah. Baik Anda makan sebungkus keripik atau hanya keju olahan, hampir semuanya memiliki jumlah natrium yang berlebihan. Orang dewasa yang sehat harus mengonsumsi 2.300 miligram sodium per hari.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

    2. Makanan yang terlalu manis

    Gula mungkin tidak berpengaruh ketika kita memikirkan makanan yang harus dihindari dalam tekanan darah tinggi karena tidak secara langsung menyebabkan tekanan darah tinggi, asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak disengaja yang pada gilirannya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

    Sebuah penelitian pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa konsumsi gula yang berlebihan bahkan lebih berbahaya daripada konsumsi garam dalam hal peningkatan tekanan darah. Studi tersebut juga menyebutkan konsumsi makanan yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi berkorelasi langsung dengan tekanan darah tinggi. Berikut adalah daftar makanan manis yang kaya akan sirup jagung fruktosa yang harus Anda hindari untuk mencegah tekanan darah tinggi.

    3. Daging merah

    Daging merah memiliki kecenderungan untuk meningkatkan tekanan darah secara instan. Padahal, proses metabolisme daging merah juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

    4. Lemak jenuh

    Tekanan darah tinggi atau tidak selalu bijaksana untuk menghindari lemak jenuh untuk gaya hidup sehat. Meskipun sulit untuk benar-benar mengurangi lemak jenuh, disarankan untuk membatasinya sebanyak mungkin. 

    5. Makanan olahan

    Penting untuk dipahami bahwa makanan yang dikemas dan diproses bahkan yang tampaknya sehat dibanjiri dengan bahan pengawet. Selain itu, mereka memiliki jumlah natrium ekstra yang sangat berbahaya. Ketika berbicara tentang makanan yang harus dihindari dalam tekanan darah tinggi, sangat disarankan untuk menghindari makanan olahan dan makanan kemasan.

    6. Bumbu dengan kandungan natrium atau gula yang tinggi

    Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi sebelum Anda membuat daftar makanan yang harus dihindari pada tekanan darah tinggi, sertakan kebiasaan sehat untuk benar-benar membaca label sebelum Anda benar-benar membeli produk. Untuk bumbu, ada beberapa produk yang bisa dikonsumsi, namun ada juga yang dibanjiri gula dan sodium. Satu-satunya trik adalah membaca label saat Anda membeli sebotol saus tomat berikutnya.

    Advertisement

    7. Minuman yang terlalu manis

    Ya, minuman sesekali tidak akan membahayakan, tetapi ketika Anda secara konsisten mengonsumsi minuman atau minuman kaya gula, itu dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Minuman kaya sirup jagung berkafein atau fruktosa bukanlah pilihan minuman sehat bahkan minuman rasa buah.

    8. Minuman alkohol

    Yang ini cukup jelas, asupan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan beberapa kondisi kesehatan lainnya. American Heart Association menyatakan bahwa minum alkohol berlebihan secara langsung dapat menyebabkan kondisi jantung. Juga, minuman beralkohol kaya akan kalori yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak disengaja sehingga mengarah ke gaya hidup yang tidak sehat.

    9. Kafein

    Apakah itu minuman atau makanan kaya kafein coklat dapat menyebabkan tekanan darah tinggi segera. Untuk kopi, Anda harus menggantinya dengan kopi tanpa kafein atau teh herbal. Dalam kasus cokelat dan minuman lain pastikan Anda membaca label untuk membatasi asupan kafein.

    Advertisement

    Advertisement

    Video Terbaru

    Advertisement

    Advertisement

    alt

    Penataan Kawasan Kumuh di Sungai Gajah Wong Dapat Apresiasi Bank Dunia

    Jogja
    | Senin, 26 September 2022, 12:07 WIB

    Advertisement

    alt

    Meghan Markle Mengeluh Tak Digaji saat Jalani Tur Kerajaan

    News
    | Senin, 26 September 2022, 12:37 WIB

    Advertisement

    Advertisement

    Advertisement