Advertisement

Selain Salmon, Sederet Makanan Ini Juga Mengandung Omega-3 dan Murah

Widya Islamiati
Selasa, 27 September 2022 - 23:57 WIB
Bhekti Suryani
Selain Salmon, Sederet Makanan Ini Juga Mengandung Omega-3 dan Murah Ikan bandeng, salah satu ikan hasil laut Indonesia yang diyakini mengandung omega-3 seperti ikan salmon. Meskipun demikian, harga ikan bandeng jauh lebih murah dibandingkan ikan salmon - Instagram/Dinas Kelautan Kendall

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Manfaat asam lemak omega-3 dalam tubuh untuk tubuh. Asam lemak omega-3 ini merupakan salah satu jenis asma lemak esensial, artinya tidak bisa diproduksi oleh tubuh, tetapi terkandung dalam makanan.

Dilansir dari Medicalnewstoday, manfaat asam lemak omega-3 untuk kesehatan fisik bisa mencegah berbagai penyakit kardiovaskular, membantu sistem paru-paru, membantu sistem kekebalan tubuh serta sistem endokrin yang meliputi pankreas, kelenjar adrenal, kelenjar tiroid, kelenjar pituitari serta hormon. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BKKBN menyebut, asam lemak omega-3 ini juga berguna untuk mencegah anak terkena stunting.

Namun, asam lemak omega-3 sering disebutkan terkandung dalam ikan salmon. Sementara, jenis ikan ini merupakan ikan yang memiliki harga cukup tinggi. 

Lalu, adakah ikan yang mengandung omega-3 namun berharga murah? Berikut daftarnya!

1. Ikan kembung

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan ini. Ternyata ikan yang biasa dijajakan di pasar-pasar tradisional ini memiliki kandungan asam lemak omega-3, kaya akan selenium dan vitamin B12. 

Dalam satu porsi ikan kembung, setidaknya mengandung 0,59 gram DHA dan 0,43 gram EPA. DHA atau asam eicosapentaenoic dan asam dokosaheksaenoat EPA merupakan dua jenis asam lemak omega-3 selain ALA atau asam alfa-linolenat.

2. Ikan teri

Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan laut yang biasa digunakan sebagai lauk pendamping nasi oleh masyarakag Indonesia. BKKBN menyebut, dalam 100 gram ikan teri setidaknya mengandung 1,4 gram asam lemak omega-3. 

Advertisement

3. Ikan tongkol

Selain teri, ikan tongkol juga merupakan salah satu ikan laut yang nikmat disajikan dengan nasi hangat, apalagi jika dimasak dengan bumbu balado. Dalam 100 gram ikan tongko setidaknya mengandung 1,5 gram asam lemak omega-3.

4. Ikan Bandeng

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal menyebut, ikan laut yang relatif terjangkau namun dengan kandungan yang tinggi adalah ikan bandeng. Bahkan, dalam laman Instagram resmi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal ini disebut, ikan ini memiliki kandungan omega-3 enam kali lebih tinggi disandingkan ikan salmon.

5. Kacang merah

Selain didapat dari ikan, asam lemak omega-3 juga bisa didapatkan dari tumbuhan. Kacang merah merupakan jenis kacang yang juga umum dijadikan lauk pendamping nasi. Dalam setengah cangkir kacang merah setidaknya mengandung 0,10 gram ALA.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Data Pemilih Gunungkidul Terus Diperbarui Setiap Bulan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement