Advertisement

9 Makanan Pedas Bagi Kesehatan, Bikin Panjang Umur

Ileny Rizky
Rabu, 05 Oktober 2022 - 11:17 WIB
Sirojul Khafid
9 Makanan Pedas Bagi Kesehatan, Bikin Panjang Umur Manfaat makan makanan pedas

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Makanan pedas sering disebut bisa sebabkan penyakit. Namun, hasil studi menyebut makanan pedas juga dapat mengurangi berat badan.

Hasil studi berfokus pada senyawa Capsaicin yang terkandung pada cabai. Kandungan senyawa itulah yang disebut dapat memberikan efek pedas.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan pedas cenderung tidak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Capsaicin sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lebih banyak energi dan memecah lemak tubuh.

Capsaicin bekerja pada bagian otak yang mengontrol rasa lapar dan kenyang (Hipotalamus), dengan begitulah cara senyawa itu membuat manusia cenderung merasa lebih cepat kenyang saat mengonsumsi makanan pedas.

Manfaat makanan pedas bagi kesehatan adalah:

1. Mengurangi radang pada usus

Selain dapat membakar lebih banyak lemak, senyawa capsaicin dalam cabai juga dapat membantu menghancurkan peradangan tingkat rendah di usus, sejenis peradangan yang dihubungkan dengan obesitas.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Senyawa Capsaicin yang berperan dalam membantu memecah lemak tubuh manusia dapat meningkatkan kesehatan jantung.

BACA JUGA: Daftar Vitamin Paling Ampuh Menghadapi Flu

Advertisement

3. Mengurangi risiko darah tinggi

Beberapa hasil studi mengemukakan bahwa dengan mengonsumsi makanan pedas dapat mengurangi tubuh manusia dari risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

4. Meningkatkan kekebalan pencernaan

Sebuah studi menunjukkan bahwa capsaicin sebenarnya baik untuk mikrobioma pada usus manusia.

Mikrobioma merupakan suatu komunitas bakteri dan mikroba lain yang sangat berperan dalam fungsi kekebalan dan aspek kesehatan lainnya

Advertisement

5. Memperpanjang umur

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2015 didapatkan suatu kesimpulan bahwa manusia yang mengonsumsi makanan pedas enam atau tujuh kali sehari, terutama mengonsumsi cabai segar dan kering itu memiliki tingkat kematian lebih rendah sekitar 14 persen, dibandingkan manusia yang hanya mengonsumsi makanan yang hambar.

Sementara itu, didapati pula bahwa manusia yang mengonsumsi makanan pedas hanya satu kali dalam seminggu dapat mengalami penurunan sekitar 10 persen  dalam risiko kematian.

BACA JUGA: Awas! Usia Penderita Sakit Jantung Kini Semakin Muda

6. Mengurangi risiko kanker

Hasil penelitian yang dilakukan University of Texas dengan melibatkan pasien kanker menyebutkan bahwa makanan pedas berperan dalam membantu memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel tumor.

Advertisement

7. Meningkatkan toleransi suhu panas pada tubuh

Manfaat lain dari mengonsumsi makanan pedas adalah tubuh Anda dapat lebih mentolerir apabila mendapati adanya suhu panas di dalam tubuh.

8. Membersihkan sinus

Universitas Cincinnati melakukan penelitian manfaat senyawa Capsaicin dengan melibatkan 44 orang yang menderita rinitis non-alergi. Dalam penelitian tersebut, mereka diberi semprotan hidung yang mengandung capsaicin atau plasebo dan didapati hasil bahwa semprotan dengan capsaicin  dapat meredakan gejala rinitis lebih cepat.

9. Meningkatkan kesehatan lambung

Disebut sering  menyebabkan maag, justru dalam suatu studi disebutkan bahwa capsaicin berperan dalam membantu, mencegah, menyembuhkan dan  menghambat produksi asam dan meningkatkan aliran darah pada lambung

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Data Pemilih Gunungkidul Terus Diperbarui Setiap Bulan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement