Advertisement

Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen

Widya Islamiati
Rabu, 05 Oktober 2022 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen Ilustrasi kolagen

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Baru-baru ini minuman berkolagen kembali meramaikan jagat maya. Beberapa influencer kembali menginfluence khalayak untuk membeli produk yang diklaim dapat mencerahkan warna kulit dan mencegah rambut rontok ini.

Lantas, apakah sebenarnya manfaat kolagen itu sendiri? Berikut ini sederet manfaat kolagen berdasarkan everydayhealth dan medicalnewstoday!

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kolagen memang kerap dijadikan sebagai kandungan utama produk perawatan kulit dengan bentuk suplemen ataupun minuman. Beberapa penelitian memang mengungkapkan kolagen dapat membantu mengatasi penuaan, menghaluskan kerutan serta menjaga elastisitas kulit.

Namun, tidak banyak orang menyadari bahwa manfaat kolagen tidak hanya sebatas kesehatan kulit saja. Ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan tubuh ketika mengonsumsi sumber protein ini.

1. Membantu mengurangi nyeri sendi

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism menemukan pada Januari 2017 lalu membahas manfaat kolagen terkait sendi. Penelitian itu menemukan bahwa atlet yang mengalami sakit lutut yang mengonsumsi sebanyak 5 gram peptida kolagen setiap harinya selama 12 hari berturut-turut, hasilnya mendapatkan pengurangan rasa sakit.

Selain itu, kolagen oral juga bermanfaat untuk memperbaiki tulang rawan yang cedera serta kemungkinan memiliki efek anti-inflamasi.

2. Dapat meningkatkan kesehatan usus

Kolagen yang terkandung dalam suplemen dapat membantu pasien penderita penyakit iritasi usus. Beberapa penelitian mengungkapkan, penyakit ini disebabkan oleh menurunnya kadar kolagen pada pasien.

Kolagen adalah bagian dari jaringan ikat, yang berfungsi untuk membentuk usus besar dan saluran pencernaan. Sehingga kekurangan kolagen bisa berdampak pada kesehatan pencernaan.

Advertisement

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics pada Mei 2017 mengungkapkan bahwa di antara pasien penderita penyakit iritasi usus, ada ketidakseimbangan antara pembentukan dan pemecahan serat kolagen, dan ini berkaitan dengan peradangan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi kolagen tripeptida sebanyak dua kali sehari bisa membantu mengatasi aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan penyakit penumpukan plak pada dinding arteri yang bisa sebabkan kondisi serius.

Journal of Atherosclerosis and Thrombosis pada Mei 2017 memuat tentang penelitian yang mengamati 32 peserta dengan konsumsi kolagen tripeptida dua kali sehari. Hasilnya, setelah enam bulan, gejala aterosklerosis telah membaik.

Advertisement

4. Menjaga tulang tetap sehat

Kepadatan mineral tulang akan menurun seiring bertambahnya usia, terutama setelah wanita alami menopause. Menurut sebuah di jurnal Nutrients pada Januari 2018, kolagen merangsang pembentukan tulang sekaligus memperlambat pengeroposan tulang.

5. Menjaga kuku dari kerapuhan

Penelitian kecil pada tahun 2017, menemukan bahwa 25 wanita yang mengonsumsi 2,5 gram peptida peptida kolagen bioaktif spesifik sekali sehari selama 24 minggu, 12% diantaranya alami peningkatan pertumbuhan kuku, 42% penurunan kerusakan kuku, perbaikan kerapuhan kuku 4 minggu setelah perawatan serta perbaikan penampilan kuku 4 minggu setelah perawatan.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Data Pemilih Gunungkidul Terus Diperbarui Setiap Bulan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement