Advertisement

7 Makanan Alami yang Membuat ASI Lancar dan Berlimpah

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 06 Oktober 2022 - 17:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 Makanan Alami yang Membuat ASI Lancar dan Berlimpah Foto ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Bayi usia 0-6 bulan membutuhkan air susu ibu (ASI) sebagai sumber makanan dan minuman utamanya. Untuk itu, seorang ibu menyusui harus mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi agar ASI lancar. 

Banyak makanan alami yang bisa dikonsumsi ibu menyusui untuk melancarkan ASI-nya. Cara mendapatkannya mudah dan harganya murah.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dikutip dari Prenagen, berikut ini makanan yang bisa membantu agar ASI lancar dan berlimpah:

1. Pepaya

Seluruh yang ada di pohon pepaya bisa Ibu manfaatkan untuk memperbanya ASI. Mulai dari buah, bunga, serta daunnya mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, asam folat, serta enzim papain yang mampu meningkatkan produksi ASI. Buah pepaya juga mengandung banyak cairan sehingga baik untuk memenuhi keperluan cairan dalam menghasilkan ASI berlimpah.

2. Bayam

Bayam sangat baik sebagai makanan penambah zat besi yang memiliki peran utama dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh ibu selama masa menyusui. Bukan hanya kaya zat besi, bayam juga kaya vitamin B6. Manfaat yang bisa didapatkan dari vitamin B6 adalah untuk meningkatkan ketahanan tubuh pada bayi. DI dalam bayam juga terkandung enzim bernama phytoestrogens yang berguna untuk membantu menghasilkan ASI.

3. Wortel

Selain bayam, wortel juga memiliki kandungan enzim phytoestrogens yang bermanfaat untuk menghasilkan ASI berkualitas dalam jumlah yang banyak. Di samping itu, wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Cukup dengan meminum segelas jus wortel sebelum makan siang, Ibu dapat menghasilkan ASI banyak pada sore harinya.

4. Biji Jintan Hitam

IBiji jintan hitam bisa ditemukan di toko jamu tradisional. Adapun biji jintan hitam kaya zat besi sehingga dapat memulihkan tenaga ibu sesudah persalinan, sekaligus kaya protein yang baik dan dapat digunakan sebagai salah satu makanan penambah ASI.

5. Labu

Beragam jenis labu seperti labu botol, labu siam, serta labu kuning merupakan langkah alami yang dapat dikonsumsi untuk tingkatkan ASI. Labu memang populer akan gizinya yang tinggi dan mudah diolah oleh usus sehingga menghindari Ibu dari sembelit. Sama halnya dengan sayuran hijau, labu juga mempunyai kandungan zat besi penting bagi Ibu selama menyusui.

Advertisement

6. Kemangi

Daun kemangi berguna untuk meningkatkan produksi ASI karena mengandung enzim phytoestrogens. Selain itu, kemangi juga mempunyai berbagai manfaat lain seperti mengendalikan gerakan usus sehingga menghindari sembelit dan meningkatkan nafsu makan. Kemangi juga dimanfaatkan untuk menghindari timbulnya bau badan tidak enak.

7. Jagung

Jagung manis perlu Ibu konsumsi juga untuk meningkatkan ASI. Kandungan karbohidrat serta protein di dalam jagung mampu memperbanyak ASI, bahkan bagi Ibu yang setelah melahirkan dan belum mengeluarkan ASI. Jagung dapat dikonsumsi melalui hidangan seperti sup, salad, atau digoreng.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Kembali Meraih Penghargaan JDIHN

Sleman
| Selasa, 06 Desember 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Luhut Tegaskan Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan saat Nataru!

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement