Advertisement

Efek Buruk jika Rambut Kehujanan dan Cara Perawatannya

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 10 Oktober 2022 - 18:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Efek Buruk jika Rambut Kehujanan dan Cara Perawatannya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Frekuensi hujan yang mengguyur wilayah Jogja dan daerah lain di Indonesia belakangan ini semakin tinggi. Dalam kondisi seperti ini, tidak menutup kemungkinan bagian tubuh bisa kehujanan karena kita tidak membawa payung atau jas hujan. 

Salah satu bagian tubuh yang rentan terkena air hujan adalah rambut. Posisinya yang berada di ujung atas tubuh membuat rambut mudah terpapar air hujan yang jatuh ke bumi. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Rambut yang basah akibat hujan tidak boleh disepelekan karena bisa membuat rambut rusak dan bau. Hal ini disebabkan air hujan mengandung gas-gas atau senyawa sehingga lebih bersifat asam. Sekalipun intensitas hujan ringan ataupun hanya gerimis, konsentrasi asam dari gas dan senyawa ini semakin besar, sehingga bisa membuat orang sakit.

Selain itu, air hujan juga mengandung polutan dan kotoran yang ada di udara terbuka. Jika kotoran ini tinggal di rambut serta kulit kepala, akan menyebabkan munculnya masalah ketombe. Inilah pentingnya mencuci rambut atau keramas apabila kehujanan.

Ada beberapa perawatan rambut yang dapat kamu lakukan saat musim hujan:

1. Jangan sering menggunakan alat styling

Sebaiknya kamu meminimalisir penggunaan alat styling rambut seperti hair dryer ataupun catokan. Setelah keramas, sebaiknya keringkan rambut dengan cara alami yakni diangin-anginkan sambil ditepuk menggunakan handuk kering. Namun, jika memang terpaksa menggunakan alat styling seperti hair dryer, atur suhu alat menjadi yang paling rendah.

2. Cari perlindungan dari hujan

Terkadang kamu sering kali kehujanan di cuaca yang cukup ekstrem. Mungkin kamu tak tahu apa efek untuk kulit kepalamu, tapi kamu akan terkejut melihat betapa parahnya kulit kepalamu apabila tidak terlindungi dari hujan. Selain kotor, rambut basahmu pun rentan terhadap kerusakan dan cepat mengembang. Berteduhlah saat hujan atau gunakan alat pelindung hujan seperti payung atau jas hujan.

3. Pakai hair mask

Menggunakan kondisioner dan keramas dengan sampo secara rutin saja tidak cukup saat musim hujan. Formula baik yang terkandung pada hair mask bisa membantu merawat dan menutrisi rambutmu. Hal ini dikarenakan sebagian besar hair mask memiliki kandungan Vitamin E dan antioksidan untuk menguatkan rambut, serta membantu pertumbuhan rambut. Untuk itu, gunakanlah produk hair mask yang memiliki sifat conditioning, sehingga dapat membantu melembapkan rambut yang kering dan memperkuat akarnya selama musim hujan.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Data Pemilih Gunungkidul Terus Diperbarui Setiap Bulan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement